Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut


Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut - Chiffon cake dengan campuran tepung ketan di dalamnya. Super lembut, krenyes-krenyes, wangi ketan hitam, ditambah rasa ketan hitam yang khas. Hmmm mantap! ^_^ .
Seperti yang sudah pernah di posting sebelumnya Resep Chiffon Cake Keju Lembut dan Enak. Chiffon cake adalah cake favorit saya. Teksturnya yang lembut dan ringan bikin saya jatuh cinta sejak pertama kali nyobain chiffon cake hihihi.


Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut
Ilustrasi Gambar Chiffon Mini Ketan Hitam


Karena saya suka sekali olahan ketan hitam, makanya bisa dibilang chiffon cake ketan hitam ini adalah varian chiffon cake favorit saya. Penambahan ketan hitam di dalamnya bikin wanginya lebih aduhai, dan tekstur tepung ketan hitam yang biasanya agak berpasir disini ketutup sama lembutnya. Nah jika kalian ingin membuatnya sendiri, bisa melihat resepnya berikut ini..


Apa Itu Ketan?

Ketan bisa dibilang hampir mirip dengan padi, serupa tapi tak sama. Ketan merupakan hasil dari dari tanaman suku rumput-rumputan(poaceae). Cara mendapatkannya sama dengan beras yang biasa kita makan. Setelah tanamannya berbuah biasanya dijemur terlebih dahulu lalu kulitnya dilepas.

Ketika dilepas, muncullah butir-butir ketan yang dikenal dengan nama beras ketan. Ketan sendiri mengandung zat gelatin yang sangat tinggi. Sehingga jika kita memasaknya ketannya akan menjadi berlengket-lengketan dengan butir-butir lainnya.


Apa Itu Ketan?
 Apa Itu Ketan?


Jenis gelatin ini sama dengan jenis gelatin yang ada pada kanji. Dalam dunia ilmiah, ketan dikenal dengan nama "Oriza Sativa Var Glutinosa".

Selain dimasaknya menjadi lengket, ketan juga mempunyai bentuk butir yang agak gemuk daripada beras. Namun untuk tingkat kekenyangannya, ketan dikenal memberikan rasa kenyang dibandingkan dengan serat. Hal ini dikarenakan ketan mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi.

Bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Legit :

  • 50 gram tepung ketan hitam 
  • 50 gram tepung terigu protein rendah 
  • 15 tetes pewarna ungu 
  • 5 kuning telur, kocok lepas 
  • 5 putih telur 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh cream of tartar 
  • 75 gram gula pasir 
  • 35 gram gula pasir 
  • 75 gram santan kental instan 
  • 60 gram minyak goreng 

Cara membuat Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Lembut dan Lezat :

  1. Ayak tepung ketan hitam dan tepung terigu. Tambahkan gula pasir, aduk hingga rata
  2. Campur santan, minyak goreng dan pewarna ungu. Aduk hingga rata. Tuangkan sedikit – sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan kuning telur. Aduk sampai licin. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  5. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  6. Tuangkan adonankedalam loyang chiffon kecil tanpa dioles margarin.
  7. Kemudian oven dengan api di bawah suhu 160 derajat Celsius selama 35 menit sampai matang Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut
  8. Balik loyang di atas botol. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang. Sajikan.

taraa ini dia Chiffon Mini Ketan Hitam siap untuk dinikmati, selamat mencoba yaa :-)


Porsi untuk 3 buah


Manfaat Dan Fungsi Ketan Hitam Untuk Kesehatan

Disetiap bulir ketan hitamnya ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi. Apa kalian termasuk salah satu pecinta ketan hitam? Sudah tahu belum manfaatnya untuk kesehatan? Kalau belum tahu, coba disimank manfaat dan fungsi ketan hitam untuk kesehatan di bawah ini.


Manfaat Dan Fungsi Ketan Hitam Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Fungsi Ketan Hitam Untuk Kesehatan


  • Mencegah penuaan dini
    Apakah kalian tahu kandungan apa yang bisa membuat seseorang tampil begitu awet muda? Ya, benar! Kandungan antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh anda. Kandungan antioksidan ini bisa kita jumpai dalam ketan hitam ini.

  • Mencegah anemia
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan zat besi yang tinggi terdapat pada ketan hitam ini. Sehingga jika anda penderita anemia, disarankan banyak memakan makanan yang mengandung kandungan zat besi.

  • Menjaga kesehatan kulit
    Selain kandungannya yang dapat menangkal radikal bebas, antioksidannya juga berperan menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih lembut dan halus. Sehingga kulit menjadi lembab alami.
 
  • Meningkatka daya tahan tubuh
    Zat besi yang ada pada ketan hitam tak hanya mencegah seseorang dari penyakit anemia, namun juga membantu menjaga kekebalan tubuh anda agar tidak mudah lesu dan sakit.

  • Membersihkan kolestrol dalam darah
    Makan makanan yang berminyak tentunya akan membuat kolestrol dalam darah anda meningkat. Jika anda mengonsumsi ketan hitam secara rutin, zat yang ada pada ketan hitam akan segera menetralisir kolestrol dalam darah.(sumber: earlly.com)


Resep Terkait Mengenai Resep Chiffon Mini Ketan Hitam 


Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Chiffon Mini Ketan Hitam Legit

Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Lezat disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Terimakasih telah berkunjung di artikel Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut
Gambar : crustabakes.files.wordpress.com, eatingwell.com, canopyavenue.com || Resep: sajiansedap

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut | Fira rara | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Chiffon Mini Ketan Hitam Enak dan Super Lembut

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

Fira rara

loading...

0 komentar:

Poskan Komentar