Resep Steak Tempe Enak Dan Sederhana Dengan Sausnya


Cara Membuat Steak Tempe Vegetarian Tanpa Daging Yang Mudah - Saat ini lagi booming steak tempe di Indonesia. Selain karena bahan utama sang tempe tergolong cukup murah, proteinnya tinggi dan mempunyai kadar lemak yang rendah bila dibandingkan dengan daging sapi. Pernah saya memesan steak tenderloin, lemaknya itu banyak banget. Sejak saat itu jadi malas deh makan steak tenderloin. Mendingan kita beralih ke steak tempe yuk. Selain murah dan mudah, enak dan bergizi lho :D


Resep Steak Tempe Enak Dan Sederhana Dengan Sausnya
Ilustrasi Gambar Steak Tempe Crispy dan Lezat


Sejarah Asal Usul Mula Tempe

Tempe yang awalnya hanya ada di Indonesia, kini menjalar ke beberapa belahan dunia. Bahkan orang-orang mulai menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Tak heran sudah banyak produksi tempe di negara-negara lain. Lantas, kita sebagai pelopor negara tempe, boleh dong berbangga hati :D.

Sejak kapan tempe itu dibuat? Siapakah yang pertama kali membuatnya? Untuk saat ini belum ada penjelasan pasti mengenai sejarah tempe. Akan tetapi menurut sumber yang diyakini dari Wikipedia, tempe sudah menjadi makanan yang dikenal selang berabad-abad yang lalu di daerah Jawa. Menurut catatan sejarah, pada mulanya tempe diproduksi dengan menggunakan kedelai hitam dan mungkin dari sinilah tempe berkembang menyebar ke seluruh daerah Jawa Tengah sebelum abad ke-16.


Sejarah Asal Usul Mula Tempe
Ilustrasi Gambar Sejarah Asal Usul Mula Tempe


Nama "tempe" sendiri diduga berasal dari bahasa Jawa kuno. Pada zaman kuno sendiri, makanan yang berwarna putih dan menggunakan tepung sagu dinamakan "tumpi". Terdapat banyak kesamaan antara tumpi dengan tempe. Karena keduanya sama-sama memiliki bentuk berwarna putih.

Selain itu, dalam sebuah kamus bahasa Jawa-Belanda pada tahun 1875, ditemukan sebuah rujukan mengenai tempe. Sumber yang lain mengatakan tempe dibuat pada era zaman Tanam Paksa di Jawa. Pada zamannya, masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangannya sendiri seperti singkong, ubi, dan kedelai sebagai sumber pangan utama mereka.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa mungkin tempe diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa yang memproduksi makanan sejenis yaitu Koji (kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Aspergillus). Kemudian teknik pembuatan tempenya menyebar ke seluruh Indonesia, seiring berjalannya dengan penyebaran masyarakat Jawa yang berimigran ke seluruh Tanah Air.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Steak Tempe Mudah dan Sehat

Bahan steak
  • 1 siung bawang putih, cincang 
  • 250 gram tempe
  • 75 gram udang yang sudah dikupas, cincang kasar 
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm tepung maizena 
  • ½ sdt lada putih 
  • ½ sdt garam 
  • ½ sdt gula
  • ½ sdt bubuk pala

Bahan saus

  • 2 siung bawang putih, cincang 
  • ½ sdm tepung maizena (larutkan maizena dengan 1 sdm air)
  • 1 sdm mentega
  • 2 buah cabe merah, iris tipis
  • 1 sdm sambal
  • 4 sdm saus tomat
  • 250 ml air
  • 1 sdt jus lemon
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula
  • 1 ikat daun ketumbar, iris tipis (sekitar 3 sampai 4 sendok makan)


Cara membuat Steak Tempe Sehat Dan Mudah

  1. Potong tempe menjadi seperempatnya. Kukus selama 20 menit. Setelah itu, angkat dan letakkan ke wadah. Lalu tumbuk dengan garpu atau sendok
  2. Tambahkan bawang putih, udang, tepung jagung, garam, merica bubuk, gula, dan pala ke wadah tempe. Aduk rata dan uleni. Kemudian bagi adonan tempe menjadi 4 bagian. Bentuk masing-masing menjadi bentuk seperti patty Resep Steak Tempe Enak Dan Sederhana Dengan Sausnya
  3. Lelehkan mentega, kemudian masak tempe sampai berwarna cokelat keemasan di satu sisi, sekitar 4 sampai 5 menit. Lalu balik tempe dan masak di satu sisi yang lain sekitar 3 sampai 4 menit. Angkat dan sisihkan. Tata tempe di piring saji.


Cara membuat Saus Steak Tempe Yang Enak

  1. Lelehkan mentega, kemudian tumis bawang putih dan cabe sampai harum.
  2. Tambahkan saus tomat, saus sambal, air, garam, dan gula. Aduk rata sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung maizena dan masak sampai saus mulai mendidih. Matikan api, tambahkan air jeruk nipis dan 2 sdm daun ketumbar. Aduk rata.
  4. Siramkan saus ke permukaan steak tempe atau bisa disajikan ke dalam mangkok kecil.

Catatan:

Hiasi steak tempe dengan beberapa daun ketumbar yang sudah diiris. Anda juga dapat menambahkan beberapa salad sederhana dan kentang di samping steak tempe.

Waah enak nih, selamat mencoba yaa :-) 


Manfaat Dan Fungsi Tempe Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, manfaat tempe sudah diakui kesehatannya oleh dunia. Termasuk kaum vegetarian pun menyukai makanan tradisional ini. Proses fermentasi inilah yang membuat tempe menjadi sumber probiotik. Selain probiotik yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan usus, masih banyak manfaat lainnya di bawah ini.


Manfaat Dan Fungsi Tempe Untuk Kesehatan
Ilustrasi Gambar Manfaat Dan Fungsi Tempe Untuk Kesehatan

  • Sumber energi
    Tempe juga mengandung riboflavin atau yang biasa kita kenal sebagai vitamin B2. Riboflavin berperan penting dalam metabolisme energi, karbohidrat, lemak, zat keton, dan protein. Vitamin yang terkandung juga sangat berfungsi pembentukkan sel darah merah. Kekurangan riboflavin dapat mempengaruhi produksi energi dalam tubuh. Biasanya diawali dengan bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
    Nah tak kalah penting, tempe juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat sendiri biasanya mengikat kolestrol dan lemak. Sehingga sangat berpotensi untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, serat juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.
  • Menurunkan kadar kolestrol jahat
    Protein yang sangat tinggi ini sangat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Artinya, tempe mempunyai potensi untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit dan serangan jantung, stroke, dan diabetes.
  • Mencegah kanker
    Tempe diperkaya isoflavon dan senyawa antioksidan yang berfungsi memperbaiki sel-sel dan mencegah kerusakannya dari polusi dan sinar matahari. Isoflavon juga mempunyai peranan sebagai anti kanker. Dengan memerangi sel-sel kanker, mecegah terjadinya kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.
  • Mencegah timbulnya gejala menopause
    Kandungan isoflavon selain mencegah kanker, dapat membantu mengatur hormon estrogen. Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat mengurangi rasa panas (hot flushes) di badan dan rasa tidak nyaman pada wanita menopause.

Resep Terkait Mengenai Resep Steak Tempe Lengkap Dengan Saus


Terimakasih Telah Membaca Artikel Resep Cara Membuat Steak Tempe Enak, Mudah, dan Sederhana
Jika Anda menyukai Resep Cara Membuat Steak Tempe Crispy Vegetarian Yang Sehat disini silahkan Anda like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar Resepkuekeringku.com bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua :-)

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!
Terimakasih telah berkunjung di artikel  Resep Steak Tempe Enak dan Sederhana Dengan Sausnya

Gambar : dailycookingquest.com, cleangreensimple.com, thekitchn.com || Resep: dailycookingquest.com

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Steak Tempe Enak Dan Sederhana Dengan Sausnya | bona manja | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Steak Tempe Enak Dan Sederhana Dengan Sausnya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

bona manja

loading...

0 komentar:

Poskan Komentar