Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak


Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak - Idul adha sebentar lagi tiba! Lalu apa ya kira-kira hal yang identik dengan perayaan terbesar kedua dalam agama islam ini? Hewan kurban? Pemotongan hewan? Pembagian daging kurban? 


Sumber: radarpekanbaru.com

Ya, ya, Idul adha memang identik dengan tiga hal tersebut. Dan sama seperti Idul Fitri, Idul Adha atau yang juga disebut sebagai Idul Qurban, juga identik dengan berbagai makanan khasnya. Dan karena, di hari Idul Qurban, biasanya masyarakat akan mendapatkan hasil dari pembagian kurban berupa daging sapi atau kambing.

Di Indonesia, daging kurban biasanya diolah menjadi sate dan dinikmati bersama-sama. Namun, tidak semua jenis daging bisa dibuat menjadi sate. Hanya daging kambing lah yang biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan sate. Sayangnya, tidak semua orang suka daging kambing. Bahkan beberapa orang harus membatasi jumlah konsumsi daging kambing karena jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan beberapa masalah. 

Orang dengan riwayat penyakit darah tinggi misalnya, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging kambing. Ini karena, jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolestrol yang melonjak tiba-tiba. Nah untuk anda yang ingin sekali makan daging/sate kambing, tapi takut menghadapi resikonya. Jangan khawatir, anda tetap bisa mencicipi daging kambing sedikit, dan menangkal beberapa resikonya. Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 5 makanan pendamping yang ampuh menangkal dampak negatif daging kambing!

5 Makanan Pendamping Yang Ampuh Menangkal Dampak Negatif Daging Kambing


1. Acar Timun dan Bawang


Sumber: vemale.com

Suka makan sate kambing? Kalau begitu, jangan lupa buat menyantap acar timun dan bawang merah mentah yang jadi pelengkapnya. Tak cuma menetralisir pekatnya rasa sate, acar ini juga bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

Dilansir Boldsky, bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Timun juga memiliki khasiat yang sama. 

2. Teh


Sumber: merdeka.com

Buat pendamping sajian gulai atau sate, anda bisa menyiapkan segelas teh tawar untuk pelepas dahaga. Dilansir Healthmeup, teh bisa menjaga kadar kolesterol LDL.

Anda bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Pasalnya minuman ini mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah. 

3. Jus Jeruk


Sumber: resepdanmasakan.com

Tidak suka mengonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Dilansir Dr. OZ, pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Jus jeruk dalam kemasan juga bisa dipilih sebagai alternatif. Jus seperti ini biasanya ditambahkan phytosterol. Phytosterol merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Atau anda juga bisa menyiapkan jus penurun kolesterol dengan resep berikut ini.

4. Sambal Tomat


Sumber: vemale.com

Kalau Anda menyantap iga bakar atau kambing guling, coba siapkan sambal tomat matang sebagai pelengkap. Dilansir Daily Health Post, tomat tinggi kandungan lycopene yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Tomat yang sudah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik. Rebus atau bakar sedikit irisan tomat sebelum diolah menjadi sambal untuk dapatkan khasiat terbaiknya.

5. Almond


Sumber: farmersinternational.com

Tak ada salahnya mengakhiri acara bersantap daging kambing dengan ngemil almond. Menurut Dr. Oz, almond mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL dalam darah. Selain itu lemak tak jenuh dalam almond juga mencegah LDL teroksidasi.

Jika tak ada almond, anda bisa menggantinya dengan kacang tanah atau kedelai. Tetapi hindari kacang yang diolah dengan cara digoreng, ya.

Selain karena dapat mengganggu kesehatan, alasan lain orang-orang enggan mengkonsumsi daging kambing adalah karena, dibandingkan dengan daging sapi, daging kambing in memiliki bau yang lebih kuat dan khas. Untuk orang yang memang menyukai daging kambing, masalah bau ini bukanlah masalah besar. Tapi, untuk mereka yang agak sensitif dengan indra penciuman, bau daging kambing bisa saja membuat orang tersebut pusing.

Tapi, sebenarnya, bau daging kambing ini bisa dihilangkan kok. Karena, ada beberapa trik yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan baunya. Well, bau daging kambing ini memang cukup kuat, tapi cara menghilangkan bau daging kambing ini cukup mudah kok! Tidak percaya? Yuk simak Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing yang dilansir oleh merdeka.com dibawah ini!
Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak

1. Singkirkan Lemaknya


Sumber: womens-advisor.com

Sebagian besar aroma prengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah. 

2. Jangan Dicuci


Sumber: vemale.com

Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.

Sebaiknya anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa. 

3. Taburi Garam


Sumber: republika.co.id
Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak Kalau daging kambing yang anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.
Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah. 

4. Rebus Dengan Repah-Rempah


Sumber: wajibbaca.com

Kalau anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi. 

5. Baluri Dengan Parutan Nanas


Sumber: selerasa.com

Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

6. Baluri Dengan Parutan Pir


Sumber: perawatankesehatanwajah.blogspot.com

Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

7. Bungkus Dengan Daun Pepaya


Sumber: sehatituharus.com

Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

8. Lumuri Dengan Jeruk Nipis


Sumber: sehatituharus.com

Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Jika nanti anda memasak daging kambing, anda bisa mencoba beberapa cara diatas. Dan untuk anda yang memiliki penyakit tertentu, anda juga boleh mengkonsumsi daging kambing dengan porsi kecil dan sesudahnya jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bisa membantu mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh daging kambing. Tapi jika anda masih takut, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda, dan bertanya kondisi anda dan resiko yang ditimbulkan jika anda mengkonsumsi daging kambing.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak. Semoga bermanfaat!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Cara Menghilangkan Bau Kambing Saat Memasak

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Poskan Komentar