Resep Sambal Cibiuk Merah


Resep Sambal Cibiuk Merah - Daun kemangi menjadi salah satu jenis tanaman yang populer di Indonesia khususnya di tanah sunda. 


Sumber: jelajahgarut.com

Dan jika anda lahir dan besar di suku sunda, anda pasti kenal baik dengan yang namanya daun kemangi. Yep daun kemangi memang cukup populer khususnya di tanah sunda. Umumnya daun kemangi dikenal karena memiliki aroma yang harum dan jika ditambahkan pada masakan, akan membuat aroma masakan semakin lezat.

Biasanya kemangi dijadikan salah satu bahan untuk masakan tumis seperti tumis oncom merah. Selain enak untuk dijadikan bahan masakan, daun kemangi juga memiliki aroma dan bentuk yang cantik. Daun kemingi memiliki bentuk kecil dengan tekstur daun tipis dan halus. Warnanya hijau terang dan terlihat segar. Nah karena bentuknya yang cantik, daun kemangi juga seringkali dijadikan hiasan atau garnish makanan seperti pada nasi uduk.

Bagi orang sunda, daun kemangi juga biasanya dijadikan lalapan. Bagi yang belum tau, lalapan adalah makanan yang terdiri dari sayur-sayuran yang dimakan mentah atau direbus lebih dahulu. Agar rasanya enak, biasanya dimakan dengan ikan asin atau minimal sambal. Namun agar rasa masakan makin enak, apa pun makanannya tentu kemangi yang digunakan harus masih dalam keadaan segar. Nah berikut ini ada Tips Memilih Daun Kemangi Segar seperti yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!

Tips Memilih Daun Kemangi Segar


1. Daun kemangi tidak bergelombang


Sumber: manfaat.co.id

Daun kemangi yang dalam kondisi baik pasti terlihat segar. Bentuk daunnya lebar dan berwarna cerah. Selain itu daun kemangi pinggirannya teratur dan juga tidak bergelombang.

2. Saat dipegang terasa lembut


Sumber: vemale.com

Salah satu poin plus dari daun kemangi adalah teksturnya tipis dan permukaannya lembut ketikan dipegang ditangan. Daun kemangi yang tidak segar biasanya terasa kering dan warnanya tidak menarik.

3. Tidak boleh lebih dari dua hari


Sumber: manfaatsehat.co.id

Sama seperti sayur lainnya, ketika sudah dipetik sebaiknya daun kemangi segera disantap. Ini karena daun kemangi tidak boleh disimpan lebih dari dua hari. Jika daun sudah tidak segar biasanya daun kemangi berubah warna jadi kehitaman. Sedangkan daun kemangi segar berwarna hijau cerah.

4. Tidak sobek


Sumber: vemale.com

Sekilas terlihat sepele, banyak orang memilih daun kemangi yang sobek dan menganggap bukan masalah jika ada daun yang sobek. Padahal daun kemangi yang sobek biasanya disebabkan karena ulat, dan di sobekan tersebut sudah terdapat banyak bakteri.
Jadi kesimpulannya selalu pilih daun kemangi yang berwarna hijau segar, dengan bentuk halus dan tidak bergelombang juga tidak kering. Selain itu daun kemangi juga tidak boleh sobek saat dibeli dan harus dikonsumsi karena tidak boleh lebih dari dua hari. Nah jika anda membeli daun kemangi segar, selain dapat diolah jadi bahan untuk tumis oncom, anda juga bisa mengolahnya jadi sambal. Ada banyak sambal yang menambahkan daun kemangi ke dalam bahannya, salah satunya adalah Resep Sambal Cibiuk Merah berikut ini!

Resep Sambal Cibiuk Merah


Bahan-bahan:
15 buah cabai rawit merah
20 lembar daun kemangi
7 siung bawang merah
5 butir bawang putih
1 cm kencur
1 buah tomat, potong dadu
1 sdt garam halus
1/4 sdt vetsin
Resep Sambal Cibiuk Merah
Cara membuat:
1. Haluskan cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, kencur, putih, garam, vetsin, tomat, dan daun kemangi hingga lembut.
2. Tuang resep sambal cibiuk merah yang sudah jadi, sajikan.
Mudah bukan resep sambal cibiuk merah ini? Anda yang tidak bisa membuat sambal pun pasti bisa membuatnya. Nah bagi anda yang suka sambal, anda bisa menyantap sambal ini dengan berbagai masakan. Jika anda suka pedas, anda bisa menambahkan cabai rawit pada sambal ini. Selamat mencoba!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Cibiuk Merah | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Cibiuk Merah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Poskan Komentar