Resep Sambal Daun So (Melinjo)


Resep Sambal Daun So (Melinjo) - So atau daun so, pernahkah anda mendengar daun ini? Mungkin semuanya akan menjawab, tidak. Karena memang daun so terdengar sangat asing ditelinga.


Sumber: nitalanaf.com

Namun bagaimana dengan daun melinjo? Nah kalau yang ini pasti semua orang pernah mendengar namanya meski tidak semua pernah mencicipi rasa daun melinjo. Daun so adalah nama lain dari daun melinjo. Biasanya daun ini digunakan untuk berbagai masakan seperti sayur asam atau masakan lainnya.

Namun ternyata selain enak diolah jadi masakan, daun melinjo atau daun so juga sudah lama dikenal oleh ahli herbal sebagai salah satu daun bermanfaat dan berkhasiat untuk berbagai penyakit. Ini karena daun so atau daun melinjo mengandung banyak zat penting yang baik untuk tubuh bahkan dipercaya mampu menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Ini karena daun melinjo menandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, lemak, protein, fosfor dan lain-lain. Nah dengan beberapa kandungan nutrisi ini, tidak heran jika daun melinjo atau daun so memiliki beberapa manfaat. Dan seperti yang dilansir oleh khasiat.co.id, berikut ini 5 Manfaat Daun Melinjo!

5 Manfaat Daun Melinjo


1. Mengobati sakit mata


Sumber: rumahtips.com

Sakit mata biasanya dialami oleh anak-anak, untuk mengobatinya biasanya kita menggunakan salep mata atau obat tetes mata dokter. Namun selain obat dokter, kita jua bisa lho menggunakan air rebusan daun melinjo untuk mengobati sakit mata. Caranya anda bisa merebus daun melinjo dan meminum airnya, atau akan lebih baik lagi jika anda langsung mengkonsumsi daun melinjo muda. Daun melinjo kaya akan vitamin terutama vitamin A. Kandungan vitamin A dalam daun ini sangat tinggi sehingga baik untuk anda yang sedang sakit mata.

2. Memperlancar buang air kecil


Sumber: alodokter.com

Selain untuk mata, meminum air rebusan daun melinjo juga sangat bermanfaat bagi anda yang sering kesulitan buang air kecil. Anda bisa meminum air rebusan atau mengkonsumsi daun melinjo muda sebagai lalap untuk memperlancar buang air kecil.

3. Memperkuat daya tahan tubuh


Sumber: madubima99.com

Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Salah satu penyebabnya daya tahan tubuh menurun mungkin karena anda kekurangan vitamin c. Selain jeruk, anda juga bisa mengkonsumsi daun melinjo muda untuk melengkapi kebutuhan vitamin c pada tubuh anda. Selain vitamin A, daun melinjo juga mengandung vitamin c yang akan berperan sebagai antioksidaan dalam tubuh yang dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh anda. 

4. Mengobati anemia


Sumber: hallosehat.com

Lemas, dan mudah lelah. Hmm..mungkin anda terkena anemia. Anemia atau kekurangan darah biasanya sering dialami oleh perempuan saat menstruasi. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat besi salah satunya adalah daun melinjo.

5. Mengobati infeksi


Sumber: liputan6.com

Terkena gigitan anjing memang sangat menyakitkan, namun jika dibiarkan bukan hanya rasa sakit yang anda dapat tapi jua infeksi bahkan rabies. Jika anda digigit anjing, anda bisa menumbuk daun melinjo atau daun so hingga halus dan menempelkannya ke luka bekas gigitan anjing sebagai pertolongan pertama.
Jika biasanya daun melinjo diolah menjadi sayur asam, atau lalapan, agar tidak bosan anda bisa mengolahnya menjadi makanan lain, salah satunya adalah Resep Sambal So atau sambal daun melinjo. Berikut ini resepnya!

Resep Sambal Daun So (Melinjo)


Bahan-bahan:
Resep Sambal So Melinjo
100 gram daun so/melinjo, iris halus
4 buah cabai merah keriting
8 buah cabai merah besar, iris halus
6 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
7 butir bawang merah, iris halus
4 sdm minyak goreng
1 sdt garam halus
1/2 sdm irisan gula jawa
1 sdt terasi bakar dan haluskan
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah keriting, dan terasi. Ulek hingga halus.
2. Panaskan minyak, tumis bahan sambal yang telah dihaluskan hingga harum. 
3. Masukkan irisan ula jawa, daun so, irisan cabai merah besar, garam dan vetsin. Masak sambil diaduk-aduk hingga matang. Angkat.
4. Tuang resep sambal so ke wadah dan sajikan.
Agar daun melinjonya tetap segar saat dimakan, tambahkan daun melinjo beberapa menit sebelum resep sambal so diangkat. Dan jika anda kesulitan menemukan daun melinjo, anda bisa menggantinya dengan kulit melinjo merah. Selamat mencoba!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Daun So (Melinjo) | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Daun So (Melinjo)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar