Resep Sambal Jelantah (Minyak Bekas Menggoreng Bawang Merah / Putih)

Resep Sambal Jelantah - Menggoreng makanan adalah salah satu cara mengolah masakan yang sangat populer. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak kelapa sawit atau yang populer disebut dengan nama minyak goreng.

Namun seiring berjalannya waktu, selain minyak sawit, minyak jenis lain seperti minyak zaitun juga kini digunakan sebagai pengganti minyak goreng karena memasak menggunakan minyak zaitun lebih sehat. Namun tetap saja, minyak kelapa sawit alias minyak goreng menjadi yang paling populer.

Ada beberapa alasan mengapa minyak goreng dari kelapa sawit jadi yang paling populer. Ini karena selain lebih murah dibandingkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa sawit juga jauh lebih mudah ditemukan. Anda bisa membeli minyak ini di supermarket, minimarket, bahkan warung atau toko di pasar tradisional. Berbeda dengan minyak zaitun yang hanya ditemukan di supermarket saja.

Nah bicara tentang minyak goreng, salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah menggunakan minyak goreng hingga berkali-kali. Well, sebenarnya kebiasaan ini sangat tidak sehat lho! Tapi jika anda adalah salah satu orang yang suka menggunakan minyak goreng berkali-kali, agar rasa masakan atau warna minyak tidak terlalu gelap, yuk cek Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!

Baca Juga : Cara Membuat Gorengan Renyah dan Enak (Plus Aneka Resep Gorengan)

Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai

1. Menyaring
Saat menggoreng makanan biasanya minyak goreng akan jadi lebih kotor. Jika anda berniat menggunakan minyak kembali, tunggu sampai minyak jadi dingin kemudian saring dengan saringan khusus minyak goreng atau kain yang halus. Ini untuk memisahkan minyak dari bekas masakan sebelumnya dan agar minyak jadi tidak terlalu kotor.

2. Simpan dalam toples tertutup
Jika setelah menggoreng anda ingin menyimpan minyak goreng, simpan minyak di wadah tertutup. Ini agar saat digunakan kembali minyak goreng dalam keadaan bersih dan bebas dari debu, kotoran atau bakteri.
Resep Sambal Jelantah

3. Simpan di kulkas
Setelah menggunakan minyak dan ingin menyimpannya dalam waktu lama, sebaiknya tunggu hingga suhunya menurun dan kemudian simpan di dalam lemari es. Ketika akan digunakan kembali, keluarkan dan diamkan sebentar hingga suhunya kembali seperti suhu ruang baru digunakan.

4. Hindari api terlalu panas
Saat menggoreng hindari menggunakan api terlalu besar karena akan membuat masakan gosong. Bahkan beberapa masakan biasanya hanya akan terlihat matang diluar dan mentah didalam. Selain itu penggunaan api terlalu besar akan membuat warna minyak goreng jadi lebih gelap dari sebelumnya.

Baca Juga : Cara Membuat Perkedel Bawan Jagung

Biasanya minyak goreng atau yang biasa disebut dengan nama minyak jelantah hanya digunakan untuk memasak berbagai makanan. Namun anda juga bisa lho mengolahnya menjadi resep sambal jelantah. Seperti apa ya rasanya? Yuk coba Resep Sambal Jelantah dibawah ini!

Resep Sambal Jelantah



Bahan-bahan:
7 buah cabai merah keriting
3 sdm minyak jelantah
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/2 sdm air asam jawa
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah keriting, garam, gula, air asam jawa dan vetsin hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum dan kemudian tuang resep sambal yang sudah jadi ke wadah. Sajikan!

Baca Juga : Resep Tempe Mendoan Enak dan Renyah Asli Purwokerto

Pastikan saat menumis sambal ini, anda menumisnya sampai matang karena jika kurang matang rasanya akan sedikit langu dan rasanya enak. Agar resep sambal jelantah ini semakin harum, gunakan minyak bekas menggoreng bawang merah atau bekas bawang putih ya. Selamat mencoba!


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite