Resep Sambal Kebembem Segar


Resep Sambal Kebembem - Buah mangga adalah buah tropis yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia yang merupakan negara tropis, namun juga di negara-negara Eropa yang memiliki iklim yang cukup dingin.


Sumber: cookpad.com

Buah mangga memiliki warna kulit hijau dan berubah kuning jika sudah matang, selain itu dagingnya berwarna kuning plus daging yang lembut dan juga manis. Biasanya buah mangga dinikmati dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Sedangkan untuk buah mangga yang belum matang, biasanya dikupas dan dijadikan rujak.

Untuk buah mangga yang dirujak, tidak semua mangga dipilih untuk dijadikan rujak. Hanya buah mangga yang mengkel atau setengah matang dan jenis buah mangga yang memiliki rasa yang asam, salah satunya adalah buah mangga yang dikenal dengan nama kweni atau kebembem. Dibandingkan dengan jenis buah mangga harum manis, kebembem memiliki warna yang lebih kuning kehijauan dengan rasa yang lebih asam.

Nah karena rasanya yang asam inilah yang membuat buah kebembem dipilih sebagai rujak. Tapi selain jenis mangga, tingkat kematangan mangga juga harus diperhatikan. Yang lucu adalah, banyak orang merasa patah hati setelah membeli mangga, karena meski terlihat matang dari luar, ketika sampai dirumah ternyata mangga yang dibeli masih mentah dan tidak bisa dimakan saat itu juga. Jika anda adalah salah satu orang yang sering patah hati karena mangga mentah, seperti yang dilansir oleh tipsortips.com, berikut ini Tips Memilih Mangga Terbaik!

Tips Memilih Mangga Terbaik

Sumber: bibittabulampot.com

1. Pilih mangga yang memiliki daging yang lembut karena ini berarti mangga sudah matang. Caranya saat membeli, coba tekan permukaan mangga, jika terasa empuk dan tidak keras maka mangga sudah matang.

2. Biasakan untuk tidak memilih mangga yang memiliki memar karena mangga yang memiliki memar biasanya akan jadi lembek dan tidak renyah lagi.

3. Pilih mangga yang dagingnya halus tanpa keriput atau berkerut. Mangga yang bagus memiliki kulit halus dan tanpa cela. Sedangkan mangga dengan kulit berkerut menandakan mangga sudah dipetik sebelum matang dan dimatangkan dengan cara dikarbit.

4. Buah mangga yang sudah matang biasanya memiliki aroma yang harum.

5. Pilih mangga yang ujung pangkalnya berwarna kuning karena itu berarti mangga matang dipohon dan tidak dipetik sebelum waktunya.

6. Jangan memilih mangga yang memiliki banyak bintik hitam karena itu artinya mangga sudah kelewat matang dan tidak terlalu enak dimakan.
Selain dirujak, cara lainnya mengolah mangga atau kebembem adalah dengan mengolahnya menjadi resep sambal kebembem. Meski rasanya enak, namun resep sambal kebembem ini kurang populer. Nah apakah anda tertarik mencobanya? Iya? Kalau begitu anda bisa mencoba resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Kebembem


Bahan-bahan:
100 gram buah kebembem/kweni, kupas dan potong-potong
6 buah cabai merah
1/2 sdm irisan gula jawa
1 sdt terasi, sangrai/bakar
1 sdt garam halus
Resep Sambal Kebembem
Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, terasi, gula jawa, dan garam. Ulek hingga halus seperti sambal.
2. Kemudian tambahkan kebembem yang sudah dipotong-potong, aduk rata.
3. Tuang sambal kebembem ke dalam wadah, dan sajikan.
Resep Sambal Kebembem ini paling enak disajikan dengan ikan goreng atau mungkin ikan bakar. Agar rasa sambalnya tetap segar, sajikan resep sambal kebembem ini saat baru jadi, karena jika dibiarkan sambal akan berair. Oh ya jangan lupa disantap dengan nasi hangat ya! Selamat mencoba!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Kebembem Segar | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Kebembem Segar

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Poskan Komentar