Resep Sambal Kedondong

Resep Sambal Kedondong - Siapa disini yang suka makan rujak? Kalau anda adalah salah satu orang yang suka makan pedas, dan suka sekali dengan berbagai jenis rujak, maka anda pasti kenal dengan yang namanya buah kedondong kan?

Yep, buah kedondong adalah salah satu buah yang biasanya dijadikan rujak. Entah itu rujak ulek, atau rujak gula merah. Buah satu ini memiliki rasa yang cukup asam, sehingga tidak akan terlalu enak jika dimakan langsung, dan sebagai gantinya buah kedondong dimakan dengan sambal gula merah sebagai penetralisir rasa asam pada buah.

Umumnya buah kedondong memiliki rasa asam dengan kulit buah berwarna hijau kekuningan. Daging buah ini pun memiliki warna kuning muda dan berukuran kecil. Buah kedondong memiliki banyak serat terutama dibagian biji buah. Meski merupakan buah yang lumayan dikenal, namun buah kedondong tidak bisa tumbuh sepanjang tahun. Buah ini biasanya hanya berbuah pada bulan januari sampai bulan april saja.
Namun meski memiliki rasa yang asam, buah kedondong juga mengandung banyak manfaat. Ini karena dibalik rasa asamnya, buah ini mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama vitamin. Pada buah kedondong terdapat vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1, air, serat, sukrosa, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan pectin. Nah dengan banyaknya gizi yang ada, tidak heran buah asam ini memiliki banyak manfaat. Dan seperti yang dilansir oleh khasiat.co.id, berikut ini 5 Khasiat Buah Kedondong Untuk Tubuh!

Baca Juga : Cara Memasak Bayam Yang Benar

5 Khasiat Buah Kedondong Untuk Tubuh

1. Obat batuk
Kedondong bisa membantu meredakan batuk. Caranya, cukup haluskan kedondong kemudian dicampurkan dengan sedikit gara. Kemudian minum 2 kali sehari dan diminum secara rutin hingga batuk sembuh.

2. Mengatasi diare
Siapa sangka, buah dengan rasa asam ini mampu mengatasi diare. Ini karena kedondong mengandung anti bakteri yang akan menghilangkan bakteri yang ada di dalam tubuh termasuk bakteri yang menjadi penyebab diare.

3. Obat anemia
Seperti yang sudah dijelaskan, kedondong mengandung zat besi. Dan bagi anda yang menderita anemia atau kurang darah, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi adalah salah satu cara untuk mengatasi gejala anemia yang menyerang. Ini karena zat besi akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah sehingga penyakit anemia akan segera teratasi.

4. Menyehatkan mata
Bukan hanya wortel yang mengandung vitamin A, selain wortel masih banyak jenis buah lainnya yang juga mengandung vitamin yang sama salah satunya adalah kedondong. Bagi anda yang memiliki kondisi mata minus, anda bisa mengkonsumsi kedondong untuk membantu memperkecil minus pada mata anda.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Selain vitamin A, kedondong juga mengandung vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidaan. Antioksidaan sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh karena akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda menjadi lebih kuat.

Baca Juga : Cara Memasak Brokoli Yang Benar

Nah tidak menyangka bukan dibalik rasa asam kedondong terdapat beberapa manfaat penting. Dan karena memiliki rasa yang asam, buah ini cenderung cocok diolah menjadi makanan yang memiliki cita rasa pedas. Jika anda biasanya mengolah kedondong sebagai rujak, ini anda juga bisa lho mengolah kedondong menjadi resep sambal kedondong! Dan berikut ini resepnya!

Resep Sambal Kedondong



Bahan-bahan:
1 buah kedondong, potong dadu kecil
Resep Sambal Kedondong6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
15 buah cabai rawit merah
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam halus
1/4 sdt vetsin
1/2 sdm irisan gula merah
2 sdt terasi, sangrai/bakar
1 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Haluskan cabai rawit dengan bawang merah, dan bawang putih, gula merah, vetsin, terasi, dan garam. Ulek hingga halus.
2. Masukkan kedondong, minyak jelantah dan juga air jeruk nipis. Ulek sebentar hingga semua bahan tercampur rata.
3. Tuang resep sambal kedondong yang sudah jadi ke wadah, sajikan.

Baca Juga : Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

Anda bisa menjadikan resep sambal kedondong ini sebagai pengganti sambal rujak. Agar rasanya lebih mantap sebaiknya pilih kedondong yang masih muda karena rasanya tidak terlalu asam. Selamat mencoba!


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite