Resep Sambal TukTuk Khas Sumatera


Resep Sambal TukTuk Khas Sumatera -  Ikan adalah salah satu sumber daya laut terbesar dan jadi mata pencaharian bagi banyak orang. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, juga wilayahnya sebagian besar adalah laut membuat Indonesia kaya akan berbagai jenis ikan.


Sumber: sibagur.com

Biasanya ikan-ikan ini ditangkap nelayan dan dijual ke tengkulak ikan untuk kemudian dijual kembali ke pasar ikan untuk dibeli oleh para pembeli di pasar. Sebagian ikan-ikan ini dijual dalam keadaan segar, namun sebagian lagi diolah menjadi berbagai makanan, salah satunya diolah jadi ikan asin.

Banyak orang berfikir, ikan asin adalah makanan kelas dua dan memiliki harga yang murah. Namun faktanya, ikan asin tidak selalu murah lho! Ada juga ikan asin yang memiliki harga cukup mahal karena rasanya sangat enak, salah satunya adalah ikan jambal roti. Ikan ini biasanya hanya  dijual di penjual ikan besar dalam ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan ikan asin lainnya.

Rasanya yang enak karena jambal roti dibuat dengan cara mencelupkan ikan yang telah ditiriskan hingga kering ke dalam larutan gula merah. Setelah itu ikan kembali digarami, dijemur hingga kering, dan dilumuri larutan bawang putih. Dan larutan bawang putih inilah yang membuat ikan jambal roti memiliki rasa yang berbeda dengan ikan asin lainnya. Nah untuk anda yang belum pernah mencicipi ikan ini, dan tertarik mencobanya, sebelum membeli yuk baca Tips Memilih dan Mengolah Ikan Jambal Roti yang dilansir oleh royco.co.id!

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Jambal Roti



Sumber: tourwisatapangandaran.com

1. Tidak seperti ikan asin lainnya, ikan jambal roti di dijual dalam potongan yang besar dengan ikan yang tebal. Untuk mendapatkan jambal roti dengan kualitas terbaik, pilih jambal roti yang masih utuh dengan warna yang terang, dan daging yang lunak dan tidak terlalu kering.

2. Jika anda tidak dapat mengolah jambal roti setelah dibeli, agar jambal roti tetap dalam keadaan baik anda harus menyimpannya dengan baik. Cara menyimpan jambal roti yang baik adalah dengan memisahkan bagian perutnya yang kering dan mudah busuk dengan bagian daging. Kemudian simpan di dalam wadah terututup dan simpan dalam lemari es.

3.  Ikan jambal roti biasanya memiliki rasa yang lebih asin, untuk mengurangi kadar garamnya anda bisa merendamnya dalam air hangat dan menutupnya dengan kertas buram selama proses perendaman. Kemudian cuci dengan air mengalir, dan potong dalam ukuran kecil.

Biasanya ikan asin diolah dengan cara digoreng. Karena sudah memiliki rasa asin, ikan tidak membutuhkan tambahan garam lagi. Namun jika anda bosan dengan olahan ikan asin yang hanya digoreng, anda juga bisa lho mengolahnya menjadi Resep Sambal Tuk-Tuk, berikut ini resepnya!

Resep Sambal TukTuk Khas Sumatera


Bahan-bahan:
50 gram ikan jambal roti, goreng kemudian potong dadu kecil
50 gram tekokak
8 buah petai, iris tipis
3 buah cabai rawit merah
20 buah cabai merah keriting
1 sdt gula pasir
Resep Sambal Tuk-Tuk8 butir bawang merah
1 sdt garam halus
1 sdm air jeruk nipis
3 sdm minyak goreng 
1/2 sdt vetsin

Cara membuat:
1.  Haluskan cabai, bawang merah, gula pasir, dan vetsin hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis sambal yang telah dihaluskan hingga harum. Kemudian tambahkan petai, ikan jambal roti, tekokak, dan air jeruk nipis.
3.  Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang, kemudian angkat.
4.  Tuang resep sambal tuk-tuk yang sudah matang ke piring, sajikan.
Kalau anda suka pedas, http://www.resepkuekeringku.com/2017/04/resep-sambal-tuktuk-khas-sumatera.html ini pasti jadi masakan favorit anda. Dan karena sudah ada petai dan ikan jambal roti dalam resep ini, anda tidak perlu menambahkan makanan lain sebagai lauknya. Cukup santap dengan nasi hangat dan nikmati bersama teman-teman, dijamin pasti anda jadi ketagihan!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal TukTuk Khas Sumatera | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal TukTuk Khas Sumatera

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar