Resep Sambal Tumpang


Resep Sambal Tumpang - Tempe pasti bukan makanan yang asing bagi anda. Mengingat makanan ini adalah salah satu produk olahan asli Indonesia yang dapat anda temukan dihampir semua wilayah Indonesia. Bahkan kabarnya, tempe juga sudah dipasarkan ke berbagai negara Eropa.


Sumber: diahdidi.net

Sama seperti tahu, tempe terbuat dari kedelai. Kedelai yang sudah direbus dan lepas kulitnya kemudian diberikan ragi dan didamkan selama beberapa hari hingga proses fermentasinya selesai. Dan karena terbuat dari kedelai, tempe ini mengandung banyak sekali gizi bahkan menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi.

Di Indonesia, tempe sangat-sangat mudah dijumpai. Anda bisa membeli tempe di pedagang sayur keliling, di pasar tradisional, hingga supermarket pun menjual makanan olahan kedelai ini. Selain mudah didapat, tempe juga memiliki harga yang cukup murah, sehingga tidak rajin tempe menjadi buruan ibu rumah tangga disaat berbagai harga bahan makanan lain sedang meroket. Jadi tidak heran jika banyak orang terutama kaum ibu yang membeli tempe dalam jumlah sedikit banyak. 

Sebenarnya tempe adalah salah satu makanan yang mudah basi, ini karena tempe tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Namun agar tempe yang anda beli bisa bertahan sedikit lebih lama, anda juga harus memperhatikan penyimpanannya. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Tipe Menyimpan Tempe Agar Tahan Lama!

Tipe Menyimpan Tempe Agar Tahan Lama



Sumber: metamorfosa.com

1. Saat membeli tempe, sebaiknya pilih tempe yang masih baru dan segar. Cara memilih tempe yang segar sangat mudah karena tempe yang masih baru biasanya masih hangat dan juga mengeluarkan aroma kedelai.

2. Pilih tempe yang memiliki serabut berwarna putih karena ini menandakan tempe masih dalam kondisi baru dibuat dan hindari tempe yang memiliki serabut berwarna hitam atau abu-abu.

3. Jangan membeli tempe yang sudah berlendir, dan berbau menyengat karena itu berarti tempe sudah tidak layak dikonsumsi.

4. Sebaiknya simpan tempe di dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Jika tempe masih dalam keadaan hangat, anda bisa menangin-anginkan tempe hingga suhunya turun, baru kemudian simpan di dalam kulas.

5. Agar lebih awet, jangan potong tempe jika tidak akan dimasak langsung. Sebaiknya simpan dalam bentuk utuh dan baru dipotong ketika akan diolah.
Simpe sekali bukan tips menyimpan tempe diatas? Tempe sebenarnya hanya bisa bertahan selama 1 hari jika tidak disimpan dengan benar. Namun jika anda mengikuti tips diatas dan menyimpannya dalam kulkas, tempe akan bisa bertahan hingga 3 hari. 

Biasanya tempe diolah menjadi berbagai masakan seperti tempe bacem atau tempe orek. Namun jika anda suka pedas, anda harus mencoba Resep Sambal Tumpang! Penasaran? Yuk cek resep sambal tumpang dibawah ini!

Resep Sambal Tumpang


Bahan-bahan:
100 gram tempe, potong dadu, rebus dan haluskan
10 buah cabai rawit merah
7 buah cabai rawit merah
1 lembar daun salam
1 sdm irisan gula merah
1 sdm garam halus
100 ml santan
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 cm kencur
2 lembar daun jeruk purut

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, garam, dan kencur. Kemudian ulek sampai halus.
2. Setelah halus, campur tempe yang sudah dihaluskan bersama santan kemudian masukkan ke dalam bahan sambal. Aduk rata.
3. Didihkan sambal, tambahkan daun salam dan daun jeruk. Masak hingga mendidih, dan tekstur sambal menjadi kental. Angkat.
4. Tuang resep sambal tumpang yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Resep Sambal Tumpang ini bisa jadi berbagai pelengkap untuk berbagai masakan. Atau anda juga bisa menyajikannya untuk nasi uduk atau lalapan. Jangan lupa, apa pun resepnya pilih tempe yang berkualitas agar rasa masakan enak. Selamat mencoba!Resep Sambal Tumpang

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Tumpang | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Tumpang

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar