Resep Sambal Bangkok Homemade


Resep Sambal Bangkok - Tepung adalah salah satu bahan makanan yang berupa serbuk yang sering digunakan untuk membuat berbagai hidangan. Biasanya tepung dicampur dengan air dan digunakan sebagai pelapis makanan.


Sumber: dapurenka.com

Tepung juga terdiri dari berbagai jenis, terantung bahan utama yang digunakan untuk membuat tepung. Mungkin anda sepakat bahwa diantara jenis tepung, tepung terigu adalah jenis tepung paling populer, paling sering digunakan untuk berbaai masakan, serta paling mudah ditemukan dimana-mana. Anda bisa menemukannya di toko sembako, warung, bahkan supermarket. Tepung terigu paling sering digunakan untuk pelapis makanan seperti gorengan sehingga memberikan tekstur yang renyah pada makanan.

Selain jadi gorengan, tepung terigu juga menjadi salah satu bahan utama pembuatan kue. Tepung terigu yang digunakan biasanya adalah tepung terigu berkualitas terbaik. Kemudian tepung terigu dicampur dengan telur, pengembang, mentega dan gula pasir agar rasa kue jadi lebih lembut dan manis. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain tepung terigu, masih ada berbagai jenis tepung lainnya yang bisa anda gunakan untuk berbagai jenis masakan. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini 5 Jenis Tepung Yang Bisa Digunakan Untuk Memasak!


5 Jenis Tepung Yang Bisa Digunakan Untuk Memasak


1. Tepung terigu


Sumber: tausiahislamkita.blogspot.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tepung terigu adalah jenis tepung yang paling umum digunakan. Tepung terigu sendiri terbuat dari gandum dan digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan seperti mie, kue, atau pelapis pada makanan lain seertit empe, tahu, daging atau ikan. Dengan beitu tekstur makanan akan jadi lebih kering dan renyah.

2. Tepung tapioka


Sumber: infokecantikan.co

Banyak orang berfikir, tepung terigu sama seperti tepung tapioka. Padahal, kedua jenis tepung ini sangat berbeda, Jika tepung terigu terbuat dari gandum, tepung tapioka terbuat dari umbi singkong. Salah satu ciri tepung ini adalah teksturnya yang berubah kenyal jika ditambahkan air panas. Biasanya tepung tapioka digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan bakso agar tekstur bakso jadi lebih kenyal.

3. Tepung maizena


Sumber: merdeka.com

Tepung maizena terbuat dari biji jagung yang dihaluskan. Biasanya tepung maizena ditambahkan agar tekstur makanan jadi lebih renyah. Fungsi lainnya adalah tepung maizena digunakan sebagai pengental dalam pembuatan berbagai jenis saus.

4. Tepung roti


Sumber: tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, tepung roti terbuat dari roti atau lebih tepatnya rempahan roti yang dikeringkan. Dibandingkan dengan jenis tepung lain, tepung roti ini memiliki tekstur yang lebih kasar, dan berfungsi untuk memberikan rasa renyah pada makanan dan agar tidak menyerap minyak terlalu banyak. Untuk memberikan tekstur renyah, anda memerlukan bantuan telur kocok agar tepung roti menempel sempurna.

5. Tepung sagu


Sumber: bogasari.com

Sama dengan tepung tapioka, tepung sagu juga berfungsi memberikan tekstur kenyal pada makanan. Namun bedanya jika tepung tapioka terbuat dari umbi singkong, tepung sagu terbuat dari saripati sagu dan memiliki warna putih bersih.
Selain digunakan untuk berbagai makanan, tepung juga ternyata juga digunakan sebagai bahan sambal. Biasanya tepung yang digunakan adalah tepung maizena, namun untuk sambal anda juga bisa menambahkan tepung tapioka atau yang juga sering disebut sebagai tepung kanji. Dan salah satu resep sambal yang menggunakan tepung kanji pada bahannya adalah resep sambal bangkok. Dan berikut ini Resep Sambal Bangkok yang bisa anda coba!

Resep Sambal Bangkok


Bahan-bahan:
40 gram tepung kanji, larutkan dengan 5 sdm air
400 ml air
4 siung bawang putih, haluskan
100 ml saus tomat
3 buah cabai merah keriting, haluskan
Resep Sambal Bangkok5 buah cabai rawit merah, haluskan
3 sdm air jeruk lemon
2 sdm gula pasir
1 sdt cuka masak
1 sdt kecap ikan
1 sdt garam halus
1/2 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Campur larutan tepung kanji dengan air, aduk rata dan rebus hingga mendidih.
2. Masukkan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan bahan lainnya. Aduk rata. Masak sambal hingga mendidih dan tekstur sambal mengental. Angkat.
3. Tuang sambal ke wadah, sajikan.
Resep sambal bangkok ini bisa anda sajikan sebagai pelengkap untuk fuyunghai. Dan agar saus tidak menggumpal, sebelum ditambahkan air pastikan tepung kanji sudah dicampur dengan 5 sdm air dan sudah benar-benar larut. Selamat mencoba!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Bangkok Homemade | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Bangkok Homemade

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar