Resep Sambal Brandal Pedas Mantap

Resep Sambal Brandal - Mengkonsumsi cabai, ah pasti bukan hal yang aneh bagi anda bukan? Apalagi jika anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas, mengkonsumsi cabai dalam bentuk masakan, camilan, sambal bahkan hingga mentah pasti bukanlah hal yang asing bagi anda. Bahkan mungkin semakin banyak cabai yang digunakan, akan terasa semakin lezat bagi anda yang suka pedas.

Orang Indonesia memang sudah sanat terbiasa dengan yang namanya makanan pedas. Banyak masakan khas Indonesia seperti rendang misalnya yang memiliki cita rasa pedas dan disukai oleh banyak orang Indonesia dan juga turis mancanegara. Terbukti beberapa saat lalu rendang berhasil menjadi salah satu masakan terenak di dunia.

Nah bagi anda yang suka makan pedas, dan kebetulan suka masak, cabai adalah salah satu bumbu rempah yang harus selalu anda miliki dirumah. Nah agar stok cabai dirumah selalu segar saat digunakan, yuk cek Tips Menyimpan Cabai seperti yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!

Baca Juga : Resep Sambal Cibiuk Merah

Tips Menyimpan Cabai

1. Pisahkan cabai dari sisa tangkainya
Setelah membeli cabai, segera buang tangkai cabai yang berwarna hijau. Ini karena pada tangkainya lah terdapat banyak bakteri yang munkin masih menempel meskipun sudah kita cuci. Selain akan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, bakteri tersebut juga akan membuat cabai jadi cepat busuk.

2. Cuci bersih cabai dengan air mengalir
Membeli cabai di supermarket sekalipun tidak menjamin cabai bebas bakteri. Untuk itu, setelah memisahkan dengan tangkainya, cuci cabai dengan air mengalir dan gunakan keranjang berongga untuk mencucinya hingga bersih.

3. Tiriskan cabai lalu angin-anginkan
Air memang dapat membuat cabai jadi bersih, namun jika dibiarkan basah hal ini akan membuat cabai cepat busuk. Untuk itu, setelah dicuci segera angin-anginkan cabai agar cepat kering. Atau jika anda tidak punya banyak waktu, cuci cabai hanya ketika akan digunakan. Dengan begitu cabai akan tetap segar dan tidak mudah busuk.

4. Simpan dalam kantong kertas
Tempat terbaik menyimpan cabai adalah dengan menyimpannya di dalam kantong kertas. Jadi setelah cabai dicuci dan kering, masukkan cabai ke dalam kantong kertas dan simpan di dalam lemari es. Cara ini akan membuat cabai awet dan tinggkat kelembapannya tidak terlalu tinggi.

5. Keringkan di atas oven
Jika anda memiliki cabai yang sudah lama, dan layu daripada dibiarkan membusuk akan lebih baik jika anda mengeringkannya di atas oven. Gunakan suhu rendah pada oven agar cabai tidak gosong. Setelah kering, simpan cabai di wadah kedap udara. Sekedar informasi, cabai bisa tahan hingga 6-12 bulan lho!

Baca Juga : Resep Sambal Bawang Tempe

Bicara tentang cabai, apa pun jenisnya jika kita tidak membahas tentang sambal. Makanan atau bumbu yang terbuat dari sambal, tomat dan bahan lainnya ini sangat populer dan terdiri dari banyak jenis, salah satunya adalah Resep Sambal Brandal. Dan berikut ini resep sambal brandal yang bisa anda coba!

Resep Sambal Brandal



Bahan-bahan:
20 buah cabai merah
2 lembar daun jeruk purut
6 buah kemiri, sangraiResep Sambal Brandal
3 sdm minyak goreng
1 sdt garam halus
1/2 sdm air asam jawa
1 1/2 sdt terasi, sangrai/bakar

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, kemiri, terasi, air asam jawa, daun jeruk, dan garam hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis semua bahan sambal hingga harum dan juga matang. Aduk rata, ankat.
3. Tuang sambal ke wadah, sajikan sebagai pelengkap untuk berbagai masakan.

Baca Juga : Resep Sambal Goreng Daun Kencur

Resep sambal brandal adalah salah satu resep yang paling mudah disajikan dengan berbagai masakan. Sajikan saja dengan cumi yang digoreng, atau ikan, ayam bakar dan berbagai masakan lainnya. Agar rasa sambal enak, jangan lupa pilih cabai yang masih segar dan berkualitas ya! Selamat mencoba!


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite