Resep Sambal Goreng Merah Pedas


Resep Sambal Goreng Merah - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia. 


Sumber: santeaja.com

Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal. Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini. 

Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner. Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas.

Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan sambal goreng. Meski keduanya memiliki rasa yang enak, sambal goreng menjadi yang paling banyak disukai karena bukan hanya pedas, sambal goreng juga memiliki rasa yang gurih. Sayangnya sambal goreng ini adalah jenis makanan yang tidak tahan lama, terutama jika anda salah dalam memasaknya. Nah lalu bagaimana sih cara memasak sambal yang tahan lama? Seperti yang dilansir oleh tribunnews.com, berikut ini Cara Memasak Sambal Agar Tidak Cepat Basi!

Cara Memasak Sambal Agar Tidak Cepat Basi

1. Masak sampai mengeluarkan minyak


Sumber: kaskus.co.id

Setelah sambal selesai diulek, goreng sambal dengan sedikit minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Masak selama 7-10 menit dan gunakan api kecil agar sambal tidak cepat gosong. Salah satu ciri sambal sudah matang adalah sudah tidak ada bau langu dan sambal mengeluarkan minyak berwarna merah yang berasal dari cabai.

2. Jangan mencampur sendok


Sumber: kemanaajaboleeh.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam membuat sambal adalah mencampur sendok masak dengan sendok untuk mengambil sambal. Meski sepele, hal ini akan membuat sambal jadi cepat basi. Nah agar sambal lebih tahan lama, hindari menggunakan sendok bekas pakai agar bakteri atau kotoran tidak menempel pada sambal dan membuatnya jadi cepat basi.
Dengan dua cara diatas, sambal buatan anda tidak akan jadi cepat basi. Sebenarnya, sambal bukanlah jenis masakan yang cepat basi karena sambal bisa bertahan 2 hari di dalam lemari es dan dipanaskan ketika akan kembali dimakan. Dan dari sekian banyak sambal goreng, Resep Sambal Goreng Merah adalah salah satu yang paling populer. Nah apakah anda juga penggemar resep sambal goreng merah? Jika iya, yuk coba resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Goreng Merah


Bahan-bahan:
20 buah cabai merah besar
7 buah cabai merah keriting
4 sdm minyak goreng
10 buah bawang merahResep Sambal Goreng Merah
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Haluskan cabai, bawang merah, dan garam. Panaskan minyak, tumis semua bahan sambil diaduk-aduk.
2.  Masak sambal hingga matang dan cabai mengeluarkan minyaknya. Kemudian angkat.
3.  Tuang sambal ke wadah, sajikan.
Salah satu alasan Resep Sambal Goreng Merah ini jadi favorit banyak orang adalah karena proses memasaknya yang super mudah dan cepat. Ditambah sambal ini juga enak disajikan dengan berbagai masakan lain. Dan agar aromanya lebih enak, anda juga bisa menambahkan terasi bakar ke resep sambal ini. Selamat mencoba!



==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Goreng Merah Pedas | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar