Resep Sambal Ikan Kering

Resep Sambal Ikan Kering - Ikan asin, sambal, lalapan plus nasi hangat! Duh siapa yang tidak suka menu ini? Apalagi jika anda lahir dan besar di tanah Sunda, anda pasti sudah tidak asin lagi dengan yang namanya sambal, lalapan apalagi ikan asin.Ikan asin memang sangat populer di Indonesia. Dan bisa dibilang ikan asin memang menjadi salah satu makanan khas Indonesia, ini karena ikan asin tidak bisa anda temukan di negara lain bahkan negara Asia sekalipun. Ikan asin adalah ikan laut yang diolah dengan cara dijemur hingga kering dan kemudian diasinkan.

Biasanya ikan asin diolah dengan cara digoreng kering. Meski saat mentah teksturnya liat dan memiliki tampilan yang kurang menarik, namun setelah digoreng ikan asin akan mengeluarkan aroma sedap yang membuat banyak orang jadi mendadak lapar. Bukan hanya itu saja, teksturnya yang alot akan berubah menjadi kering dan sedikit renyah saat digoreng.

Meski rasanya enak, dan disukai banyak orang tidak membuat harga ikan asin melambung. Bahkan dibandingkan dengan daging ayam atau bahkan jenis ikan segar lainnya, harga ikan asin masih relatif lebih murah. Jadi karena harganya yang lebih terjangkau tidak heran banyak orang membeli ikan asin dalam jumlah banyak untuk stok dirumah. Nah agar saat diolah ikan asin masih terasa enak, anda yang suka ikan asin harus tahu nih Tips Menyimpan Ikan Asin Agar Lebih Awet. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Tips Menyimpan Ikan Asin Agar Lebih Awet!

Baca Juga : 10 Cara Memasak Ikan Salmon (Resep Spesial)

Tips Menyimpan Ikan Asin Agar Lebih Awet

1. Ikan asin kering bisa disimpan di wadah tertutup. Tidak perlu lemari es, karena ikan ini bisa disimpan disuhu ruangan asalkan selalu dijaga kebersihannya.

2. Sedangkan ikan asin basah lebih baik disimpan di dalam lemari es dalam wadah tertutup agar selalu awet.

3. Ikan asin memiliki aroma yang cukup menyengat dan bahkan sulit hilang dalam waktu lama. Untuk itu saat menyimpan ikan asin baik dikulkas atau lemari makanan, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.

4. Atau agar lebih aman lagi, anda bisa memasukkan wadah ikan asin kedap udara tadi ke dalam plastik dan kemudian tutup rapat. Ini agar bau ikan asin tidak tercium ke luar dan membuat aroma di dapur atau kulkas jadi bau ikan asin.

Baca Juga : 10 Resep Aneka Olahan Udang
Dengan menyimpan ikan asin dengan cara yang benar, bukan hanya awet tapi kualitas ikan asin akan tetap baik meski sudah disimpan selama beberapa hari. Nah dengan ikan asin yang masih bagus, anda bisa nih mencoba membuat resep olahan baru, salah satunya adalah Resep Sambal Ikan Kering. Dan berikut ini resepnya!

Resep Sambal Ikan Kering



Bahan-bahan:
60 gram ikan gabus/jambal roti/tongkol asap, suwir-suwir
5 buah cabai merah keriting, iris halus
6 buah bawang merah, iris halusResep Sambal Ikan Kering
1 sdt gula pasir
1 sdt garam halus
3 sdm minyak goreng
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, cabai merah, gula pasir, vetsin, dan garam hingga harum.
2. Masukkan suwiran ikan asin. Masak hingga bumbu meresap dan ikan matang.
3. Angkat, tuang resep sambal ikan kering ke wadah dan sajikan.
Baca Juga : Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Empuk
Untuk anda yang suka pedas, anda bisa menambahkan irisan cabai rawit ke Resep Sambal Ikan Kering ini. Oh ya, jika anda tidak bisa menemukan ikan jambal roti, gabus atau tongkol asap, anda bisa menggantinya dengan ikan asin berdaging tebal jenis lain. Jangan lupa sajikan dengan nasi hangat ya, selamat mencoba!




© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite