Resep Sambal Jamblang Pedas


Resep Sambal Jamblang - Pernahkah anda mencoba buah jamblang? Belum? Well, anda mungkin bukan satu-satunya yang asing dengan buah satu ini. Karena selain anda masih banyak orang yang belum pernah mencicipi buah ini. Jangankan mencoba, melihat atau mendengar namanya pun mungkin belum pernah.


Sumber: bukalapak.com

Buah jamblang memang tidak begitu populer dibandingkan dengan buah jenis lain seperti apel atau jeruk. Dan memang selain kurang populer, akhir-akhir ini buah jamblang memang sudah agak langka dan sulit ditemukan bahkan di pasar tradisional yang biasanya menjual berbaai jenis buah-buahan lebih lengkap.

Untuk anda yan tidak tahu buah jamblang, buah ini memiliki bentuk mirip anggur dan memang buah jamblang atau yang juga disebut buah juwet ini masih satu kerabat dengan buah anggur. Bentuknya menyerupai anggur namun dengan bentuk yang lebih lonjong. Buah dengan nama latin Syzygium cumini ini memiliki warna kulit hitam. Sekilas penampakan buah jamblang ini memang terlihat tidak menarik, namun jangan salah buah jamblang memiliki rasa yang manis tidak kalah dengan rasa buah anggur.

Selain manis dan enak, buah jamblang juga mengandung banyak manfaat lho! Dan seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jamblang!

6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jamblang


1. Obat diabetes


Sumber: health.com

Buah jamblan sudah lama diunakan sebagai obat untuk diabetes dalam pengobatan tradisional. Ini karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah yang membuatnya digunakan sebagai obat diabetes. Selain itu pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji buah jamblang juga mampu menrunkan resiko kadar gula hingga 30%.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Sumber: belajarsehat.com

Buah jamblang mengandung kadar vitamin c, kalsium, zat besi, dan kalium. Kandungan ini dapat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama vitamin c. Karena vitamin c berfungsi sebagai antioksidaan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas maupun virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Mencegah penyakit jantung


Sumber: alodokter.com

Penyakit jantung masih ada dalam daftar teratas sebagai penyakit yang mematikan di dunia. Untuk menhindari penyakit ini, selain hidup sehat anda juga bisa mencoba mengkonsumsi buah jamblang. Ini karena pada buah jamblan terdapat senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi dan juga antioksidaan yang menceah terjadinya oksidasi kolestrol dan divasi plak yang memicu penyakit jantung.

4. Obat infeksi


Sumber: kitapunya.com

Selain buah, kulit, biji dan daun buah jamblan juga digunakan sebagai obat anti infeksi. Bagian dari buah jamblang juga mengandung tanin, asam oksalat, asam galat dan berbagai senyawa lain yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri.

5. Melancarkan pencernaan 


Sumber: beautiva.com

Selain sebagai obat infeksi senyawa yang ada dalam buah jamblangg juga mampu mengobati penyakit maag dan bakteri. Selain itu karena rasanya manis, buah ini aman dikonsumsi oleh mereka yang punya penyakit maag.

6. Mencegah kanker


Sumber: indonesiapositif.com

Menurut sebuah studi ekstrak buah jamblang juga mampu menghambat radiasi yang dapat menyebabkan generasi radikal bebas penyebab kanker.
Tidak menyangka bukan buah yang sudah langka di pasaran ternyata mampu menyimpan banyak sekali manfaat. Selain dimakan langsung, anda juga bisa mengolah buah mungil ini menjadi resep sambal jamblang. Pasti belum pernah coba kan? Yuk cari tahu Resep Sambal Jamblang dibawah ini!

Resep Sambal Jamblang 


Bahan-bahan:
10 buah jamblan (duwet), potong-potong
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
7 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 buah tomat, potong dadu kecil
1 sdt garam halus
Resep Sambal Jamblang1 sdm irisan gula merah
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt terasi sangrai/bakar
1/4 sdt vetsin
2 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula merah, terasi, minyak jelantah, vetsin, dan garam hingga lembut.
2. Setelah halus, masukkan potongan buah tomat, jamblang, dan air jeruk nipis. Ulek kembali hingga halus.
3. Tuang sambal yang sudah jadi ke wadah dan sajikan.
Resep sambal jamblang ini cocok untuk anda yang tidak suka makan pedas. Karena rasa buahnya sendiri manis dan jika memang tidak suka pedas anda hanya perlu mengurangi jumlah cabai rawit yang anda gunakan atau menambahkan sedikit irisan gula merah agar rasanya manis. Selamat mencoba!



==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Jamblang Pedas | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Jamblang Pedas

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar