Resep Sambal Jenggot Kelapa Tempe Semangit


Resep Sambal Jenggot - Pisang pasti bukanlah buah yang aneh ditelinga. Buah berwarna kuning ini begitu populer karena memiliki rasa yang manis dengan sedikit sepat. Dengan tekstur buah yang lembut dan empuk, pisang selalu jadi salah satu buah yang layak jadi buah favorit anda.


Sumber: hobimasak.com

Namun ternyata bukan hanya buah pisang yang bisa anda manfaatkan bahkan hampir semua bagian dari daun pisang bisa dimanfaatkan entah itu menjadi makanan atau apa pun. Buah pisang selain bisa dimakan lansung juga bisa dibuat menjadi jus bahkan kue. Batang pisang atau yang sering disebut gedebong pisang yang masih muda atau baru tunas dapat diolah menjadi masakan, begitu juga dengan jantung pisang. Sedangkan daun pisang biasanya tidak diolah jadi masakan atau kue, namun lebih sering digunakan sebagai pembungkus makanan.

Namun satu hal yang seringkali membuat banyak ibu kesal adalah tekstur daun pisang yang kaku dan sobek ketika dilipat atau sekedar ditekuk. Padahal daun pisang adalah pembungkus makanan alami yang dapat membuat aroma masakan jadi makin enak. Nah jika anda adalah salah satu yang sering mengalami hal ini, yuk cek Tips Agar Daun Pisang Tidak Mudah Sobek seperti yang dilansir oleh vemale.com dibawah ini!


Tips Agar Daun Pisang Tidak Mudah Sobek

Sumber: loperonline.com

1. Pertama sebelum digunakan sebaiknya daun pisang dijemur selama 3-5 menit. Ini agar daun pisang lebih lentur dan tidak sobek ketika digunakan. Jika daun pisang terlalu panjan anda bisa memotongnya jadi beberapa bagian sebelum dijemur.

2. Setelah 3-5 menit, coba periksa apakah daun sudah lentur? Jika sudah, anda bisa menangkatnya dan dapat digunakan. Atau jika anda tidak punya banyak waktu, anda bisa dipanaskan diatas kompor, namun anda perlu berhati-hati agar daun pisang tidak hangus terbakar. Cukup garang/panaskan hingga daun layu ya!

3. Sebelum digunakan, biasakan untuk membersihkan permukaan daun dengan lap bersih. Ini agar tidak ada kotoran yang menempel pada daun pisang dan akhirnya menempel pada makanan.


Nah setelah daun pisang lentur, anda bisa menggunakannya untuk membungkus berbagai masakan salah satunya adalah resep sambal jenggot. Sambal jenggot? Lucu banget namanya? Anda belum pernah mencoba kan? Yuk cicipi Resep Sambal Jenggot dibawah ini!

Resep Sambal Jenggot


Bahan-bahan:
5 buah cabai merah keriting, iris halus
2 buah cabai hijau, iris halus
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
60 gram tempe semangit
50 gram kelapa parut
2 cm kencurResep Sambal Jenggot
1 sdt garam halus
1/2 sdm irisan gula merah
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah dengan bawang merah, bawang putih, kencur, gula merah, dan garam hingga lembut.
2. Campur sambal dengan kelapa parut, irisan cabai hijau, dan tempe semangit yang telah dihaluskan. Aduk rata.
3. Bungkus sambal dengan daun pisang, kukus selama 30 menit atau sambal hingga matang.
4. Angkat dan pindahkan ke piring, sajikan.
Resep sambal jenggot ini bisa anda sajikan sebagai teman makan nasi. Agar rasanya semakin enak, anda bisa menambahkan teri nasi ke dalam sambal ini dan tambahkan beberapa cabai rawit agar rasanya semakin enak. Oh ya, akan lebih baik jika anda menggunakan kelapa yang sudah setengah tua, dan jangan lupa kupas kulit arinya agar parutan kelapa tidak kehitaman. Selamat mencoba!

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Jenggot Kelapa Tempe Semangit | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Jenggot Kelapa Tempe Semangit

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar