Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung

Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung - Kelapa bukanlah buah yang asing bagi kita. Mengingat buah kelapa adalahs alah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia terutama di pantai. Bisa dibilang pohon kelapa adalah salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kita. Dari daun atau pelepah daun kelapa biasanya digunakan untuk atap rumah, sedangkan buah kelapa memiliki banyak sekali manfaat dari bagian sabutnya hingga air kelapanya.

Sabut kelapa biasanya digunakan sebagai bahan pembakaran, sedangkan kulit ari pada buah kelapa sering dibakar dan dijadikan sebagai areng. Daging buah kelapa digunakan untuk membuat es kelapa, beberapa minuman segar bersama airnya. Sedangkan untuk daging buah kelapa sendiri juga sering diambil sarinya atau yang biasa disebut santan.

Santan didapatkan dari parutan kelapa yang kemudian diperas hingga airnya keluar. Penambahan santan pada makanan akan membuat cita rasa masakan jadi gurih dan lebih lezat. Sayangnya, banyak para ibu yang merasa patah hati saat memasak santan karena santan yang pecah dan mengurangi rasa masakan. Nah jika anda adalah salah satu yang sering mengalami hal ini, seperti yang dilansir oleh royco.co.id berikut ini 3 Tips Agar Santan Tidak Pecah!

Baca Juga : Resep Sambal Bawang Tempe

3 Tips Agar Santan Tidak Pecah

1. Masak santan dengan api kecil
Perlu anda ketahui, santan terdiri dari air dan minyak. Dan kedua bahan ini akan pecah jika dimasak dengan suhu tinggi. Akibatnya jika santan pecah akan membuat santan tidak bisa meresap pada bumbu lainnya dan rasa makanan tidak maksimal. Untuk itu, saat memasak santan sebaiknya gunakan api kecil sehingga suhu santan tidak terlalu tinggi.

2. Terus aduk selama memasak

Agar tetap stabil dan tidak pecah, saat memasak santan anda harus selalu mengaduk santan hingga santan mendidih. Setelah mendidih, segera matikan api dan jangan menunggu sampai santan berbusa.

3. Masukkan santan di akhir proses
Jika anda ingin menambahkan santan pada masakan, sebaiknya masukkan santan pada tahap akhir dalam proses memasak. Caranya, pertama masak santan hingga matang atau mendidih kemudian matikan api dan simpan santan di wadah terpisah. Dan ketika anda memasak, tuan santan yang tadi sudah matang, aduk-aduk sebentar kemudian angkat.
Baca Juga : Resep Sambal Kota Yang Mudah
Biasanya santan diunakan untuk berbagai jenis olahan seperti soto, rendang, sayur lodeh dan beberapa masakan lainnya. Namun selain untuk masakan, santan juga bisa lho menjadi bahan untuk sambal, dan salah satu sambal yang mengunakan santan sebagai bahannya adalah Resep Sambal Lingkung. Anda belum pernah mencobanya? Yuk coba Resep Sambal Lingkung dibawah ini!

Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung



Bahan-bahan:
150 ml santan kental
60 gram daging ikan gabus, haluskan
100 gram kelapa parut, sangrai
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
1 cm lengkuas
1 cm serai, memarkanResep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung
2 lembar daun jeruk purut
1/2 sdt jintan
1/2 sdt ketumbar
1 1/2 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, serai, jintan dan juga garam.
2. Didihkan santan. Masukkan kelapa sangrai, daging ikan gabus, sambal yang telah dihaluskan dan bahan-bahan lainnya. Masak hingga santan agak mengering, angkat.
3. Tuang sambal ke tempat saji, hidangkan sebagai pelengkap.

Baca Juga : Resep Sambal Goreng Daun Kencur

Bagi anda yang belum pernah mencicipi Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung, dan bingung ingin menyajikannya dengan apa, sambal ini paling cocok disajikan dengan ketupat. Anda juga bisa menyajikannya sebagai hidangan spessial pada hari raya idul fitri. Selamat mencoba!


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite