Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta


Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta - Seblak, samyang, fire chicken wings. Hayo siapa disini yang suka sekali makan ketiga makanan diatas? Jika iya, maka sudah pasti anda adalah penggemar berat berbagai jenis masakan dengan cita rasa pedas, atau bahkan anda termasuk orang yang suka berburu berbagai kuliner pedas yang sedang hits saat ini.


Sumber: vemale.com

Ini karena ketiga makanan diatas termasuk jenis makanan yang memiliki cita rasa super pedas. Nah jika anda sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cabai. Yup, untuk berbagai masakan dengan cita rasa pedas, cabai adalah bumbu utama yang harus selalu anda di dapur. Ini karena bagi orang yang suka makan pedas, makan tanpa cabai rasanya seperti makan sayur tanpa garam alias hambar. 

Apalagi kebanyakan orang Indonesia sangat suka menyantap makanan pedas sehingga kebanyakan orang pasti memiliki stok cabai didapurnya. Anyway, bicara tentang cabai, di Indonesia cabai yang paling populer adalah cabai rawit, karena cabai ini dianggap memiliki rasa paling pedas dibandingkan dengan jenis cabai merah atau cabai hijau. Tapi ternyata selain cabai rawit, masih ada lho jenis cabai lainnya. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, yuk kenali 4 Jenis Cabai Yang Ada Di Indonesia!

4 Jenis Cabai Yang Ada Di Indonesia

1. Cabai Besar


Sumber: blog.umy.ac.id

Cabai besar biasanya digunakan sebagai bumbu. Ini karena jenis cabai ini harus dimasak terlebih dahulu karena jika dimakan mentah rasanya akan sedikit langu. DIsebut cabai besar karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan jenis cabai lain. Cabai besar memiliki panjang 10-15 cm dengan diameter 2-3 cm. Cabai jenis ini terdiri dari 2 warna yaitu cabai hijau dan cabai merah. Namun meski ukurannya besar, cabai ini kurang pedas sehingga jika anda suka pedas, anda harus menambahkan cabai rawit.

2. Cabai Keriting


Sumber: pertanianku.com

Disebut cabai keriting karena bentuknya yang keriting. Dibandingkan dengan cabai besar, cabai keriting ini memang memiliki rasa yang lebih pedas sehingga biasanya digunakan untuk membuat sambal. 

3. Cabai Rawit


Sumber: vemale.com

Nah jika anda suka makan gorengan, anda pasti kenal dengan cabai satu ini. Dibandingkan dengan cabai besar atau cabai keriting, cabai rawit ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun jangan salah, justru cabai rawitlah yang memiliki rasa paling pedas. Cabai rawit hijau yang masih muda biasanya dijadikan pelenkap untuk makan gorengan, sedangkan cabai rawit merah yan sudah matang dijadikan untuk bumbu masakan atau sambal.

4. Paprika




Jika anda tidak suka makan pedas, paprika mungkin akan cocok dengan selera anda. Dibandingkan dengan cabai lainnya, paprika ini memiliki bentuk yang sangat berbeda. Bentuknya seperti buah dengan warna hijau, kuning dan merah. Biasanya paprika dijadikan toping untuk pizza dan rasanya tidak pedas sama sekali.

Nah itu dia beberapa jenis cabai yang ada di Indonesia. Biasanya cabai dijadikan bumbu masakan, atau dijadikan sambal. Untuk yang terakhir yaitu sambal, merupakan makanan pelengkap yang paling populer di Indonesia bahkan setiap daerah memiliki sambal khas masing-masing. Nah untuk anda yang suka sambal, yuk coba Resep Sambal Lombok Ketok dibawah ini!


Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta


Bahan-bahan:
4 buah cabai hijau, potong-potong
3 buah cabai merah keriting, potong-potong
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 batang serai, ambil dagingnya, iris tipis
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
1/4 sdt vetsin
2 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, vetsin, dan gula pasir. Ulek hingga halus.
2. Campur potongan cabai hijau, cabai merah, serai, minyak jelantah, dan bahan sambal yang dihaluskan, plus air jeruk nipis. Aduk rata.
3. Tuang resep sambal lombok ketok ke wadah dan sajikan.


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam
Untuk anda yang penasaran, Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta ini berasal dari daerah Jawa. Kata "ketok", berarti dipotong-potong. Jadi lombok ketok berarti cabai yang dipotong-potong. Oh ya, sambal ini cocok kok untuk beragam masakan seperti ayam bakar atau ikan bakar. Selamat mencoba!Resep Sambal Lombok Ketok

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Lombok Kethok Khas Yogyakarta

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar