Resep Sambal Matah Khas Bali

Resep Sambal Matah Khas Bali - Bawang menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang sangat penting dalam memasak. Bahkan bisa dibilang, rempah ini adalah salah satu bumbu yang wajib anda miliki di dapur anda. Terutama jika anda memasak masakan Indonesia, anda harus selalu memiliki persediaan bumbu rempah yang lengkap termasuk memiliki stok bawang, baik itu bawang merah atau bawang putih. Bawang memang menjadi tanaman yang penting dan di Indonesia hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai salah satu bumbunya. Bukan hanya membuat rasa masakan enak, bawang juga memiliki beragam khasiat bagi tubuh.

Bawang merah contohnya, bukan lagi hal mitos jika banyak dari kita menggunakan bawang merah untuk mengobati masuk angin. Biasanya bawang dihancurkan dengan jahe, kemudian diseduh dan diminum airnya. Bawang dan jahe memiliki efek hangat pada tubuh sehingga dapat membantu mengatasi masuk angin maupun sakit perut.

Pada bayi atau anak balita yang memiliki masalah perut kembung biasanya bawang diparut dan dicampur dengan minyak tanah kemudian di oleskan pada perut yang kembung. Nah dengan manfaatnya ini, tidak heran bawang menjadi salah satu rempah favorit banyak orang. Nah agar stok bawang anda selalu awet, anda harus memperhatikan cara menyimpan bawang atau bumbu rempah lain yang anda gunakan dalam memasak. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Tips Menyimpan Bawang Agar Lebih Tahan Lama!

Baca Juga : 10 Cara Memasak Ayam Fillet Yang Enak

Tips Menyimpan Bawang Agar Lebih Tahan Lama

1. Simpan dalam kantong kertas
Sama seperti jenis sayuran atau bahan lainnya, bawang sebaiknya dijauhkan dari kelembapan. Hal ini hanya akan membuat bawang jadi cepat busuk. Caranya anda bisa menyimpannya di wadah atau tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik seperti kantong kertas atau keranjang yang dilengkapi lubang-lubang kecil.

2. Jauhkan dari kentang
Selain tempat yang lembap, jauhkan juga kentang dari bahan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti kentang. Ini karena, makanan atau sayuran dengan kadar air tinggi akan membuat udara disekitarnya jadi lembap, dan membuat bawang menjadi busuk.

3. Jangan simpan di lemari es
Lemari es memiliki kadar air dan kelembapan yang tinggi. Dan menyimpan bawang utuh di dalam lemari es hanya akan membuat bawang jadi busuk atau bahkan bertunas. Sebaiknya kalaupun anda menyimpannya dilemari es, kupas bawang terlebih dahulu kemudian simpan di wadah kedap udara, baru kemudian simpan di lemari es. Umumnya, bawang hanya akan bertahan 3-5 hari di dalam lemari es. Oh ya, hindari mencuci bawang ya karena hal ini juga akan membuat bawang jadi cepat busuk

4. Jauhkan dari sinar matahari
Bawang memang sebaiknya disimpan di tempat yang kering namun bukan berarti anda menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari. Sinar matahari akan membantu proses pertumbuhan tunas pada bawang, membuat baik rasa maupun aroma bawang berkurang.

Baca Juga : Aneka Resep Olahan Ayam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan bahkan hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai bumbunya, termasuk sambal. Pada sambal bawang adalah bahan yang penting selain cabai. Biasanya jenis bawang yang digunakan adalah bawang merah. Bahkan tidak jarang untuk sambal tertentu dibutuhkan jumlah bawang yang banyak, salah satunya adalah Resep Sambal Matah yang merupakan sambal khas dari Bali. Nah jika anda penasaran dengan resep sambal matah, namun enggan terbang ke Bali, yuk coba resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Matah Khas Bali



Bahan-bahan:
7 buah cabai rawit, iris tipis
9 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
3 lembar daun jeruk, iris halus
3 batang serai, ambil dagingnya dan iris halus
1 sdt gula pasir
1 sdt garam halus
Resep Sambal Matah Khas Bali4 sdm air jeruk nipis
4 sdm minyak jelantah
1/2 sdt terasi bakar/sangrai
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan seperti cabai, bawang, dan bahan lainnya ke dalam satu wadah. Kemudian aduk rata.
2. Tuang minyak panas/minyak jelantah, kemudian aduk rata. Setelah semua tercampur rata, tuang sambal atau sajikan sambal sebagai pelengkap.

Baca Juga : Cara Membuat Kaldu Ayam Lezat & Gurih

Resep Sambal Matah Khas Bali ini adalah salah satu resep makanan Bali yang cukup dikenal. Biasanya sambal matah disajikan sebagai pelengkap untuk menu bebek goreng, ayam goreng atau makanan khas Bali lainnya. Jika anda memiliki rencana makan siang dengan ayam goreng, nah anda bisa nih mencoba membuat sambal matah sebagai pelengkapnya. Selamat mencoba!


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite