Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang


Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang - Duriaaan! Duh siapa yang kenal dengan buah ini, coba angkat tangan?


Sumber: witnifood.com

Yup, durian memang menjadi salah satu buah yang cukup populer. Selain bentuknya yang agak unik dan sedikit berbahaya karena kulit yang tajam, buah ini juga dikenal karena rasanya yang enak. Buah durian memang memiliki rasa yang manis dengan daging buah legit. Meski begitu, nyatanya tidak semua orang suka dengan buah satu ini.

Alasannnya, apalagi kalau bukan aroma durian yang cukup menyengat? Durian memang memiliki aroma yang cukup kuat. Saking kuatnya, bahkan buah satu ini dilarang dibawa ke beberapa tempat seperti hotel, atau transportasi umum, karena takut aromanya akan mengganggu penciuman penumpang lain.

Well, bagi anda yang suka dengan buah durian, aroma durian akan terasa wangi dan membuat kita tidak sabar untuk mencicipi buah durian. Namun jika anda tidak suka dengan buah ini, bahkan aromanya saja sudah akan membuat anda ingin muntah. Anyway, dulu buah durian biasanya dinikmati dengan cara dimakan langsung. Namun kini, selain buah durian anda juga bisa menikmati berbagai makanan olahan durian. Apa saja ya? Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, berikut ini 6 Olahan Buah Durian Yang Wajib Dicoba!


Baca Juga  : Resep Sambal Bawan Tempe

6 Olahan Buah Durian Yang Wajib Dicoba


1. Serabi durian


Sumber: vemale.com

Serabi, anda yang asli orang Bandung pasti kenal makanan dengan rasa manis ini kan? Serabi memang menjadi salah satu makanan atau kue khas Bandung yang populer. Yang unik dari serabi adalah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku. Biasanya serabi disiram dengan kuah gula, tapi kini anda juga bisa mencoba serabi durian yaitu serabi yang disiram dengan kuah durian yang manis dan kental kemudian diberi taburan messes coklat dan keju. 

2. Pancake durian


Sumber: mhm.asia.com

Jangan membayangkan pancake ini berbentuk bulat mirip serabi seperti pancake pada umumnya. Karena pancake durian yang cukup hits saat ini merupakan perpaduan antara daing durian yang manis dan legit dan krim yang kemudian dibungkus dengan kulit kue dadar yang lembut. Rasanya? Gak perlu ditanya lagi, enak banget!

3. Kinca durian


Sumber: loop.co.id

Nama kinca durian mungkin lebih terdengar asing jika dibandingkan dengan serabi atau pancake durian. Kinca adalah ketan yang legit kemudian disiram dengan saus durian. Perpaduan rasa ketan dengan saus durian yang manis membuat makanan satu ini tidak boleh anda lewatkan.

4. Tempoyak durian


Sumber: limakaki.com

Jika tiga makanan sebelumnya memiliki cita rasa manis, tempoyak memiliki rasa yang asam. Tempoyak adalah olahan durian yang kemudian difermentasikan sehingga rasanya berubah asam. Biasanya tempoyak dijadikan lauk teman makan nasi. Agar rasanya lebih enak, tempoyak biasanya dicampurkan dengan daging,

5. Keripik biji durian


Sumber: tokopedia.com

Ternyata bukan hanya daging durian yang bisa anda nikamti dan diolah menjadi berbagai makanan. Tapi biji durian juga bisa diolah menjadi keripik. Caranya cukup iris-iris tipis biji durian dan rendam dalam air kencur kemudian dicampur dengan beberapa bumbu untuk kemudian digoreng. Keripik ini memiliki rasa manis namun tanpa aroma durian yang menyengat. Menjadikan camilan ini cocok untuk anda yang suka durian tapi benci aromanya.

6. Lempok durian


Sumber: lempok.com

Lempok durian mungkin kedengaran asing, tapi bagaimana dengan dodol durian? Nah bagi anda yang suka segala hal tentan durian, anda pasti pernah nih mencicipi dodol durian. Lempok durian memiliki tekstur lembut dan legit, dengan rasa manis dan aroma durian yang kuat. 


Biasanya durian diolah menjadi berbagai makanan yang memiliki cta rasa manis. Namun anda yang suka pedas, anda juga bisa lho mengolahnya menjadi resep sambal tempoyak. Nah penasaran kan, seperti apa sih rasanya? Yuk coba Resep Sambal Tempoyak dibawah ini!


Resep Sambal Tempoyak


Bahan-bahan:
200 gram daing buah durian, haluskan
3 buah cabai merah keriting
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
100 ml santan kentalResep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
2 sdt gula pasir
2 sdt garam halus
1 batang serai, memarkan
3 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Tempoyak: Campur daging durian yang telah dihaluskan dengan 4 buah cabai, 4 buah cabai rawit merah yang telah dihaluskan dan 1 1/2 sdt garam halus. Aduk rata. Masukkan ke dalam stoples, tutup rapat dan simpan selama 5-7 hari. Tempoyak siap digunakan.
2. Sambal tempoyak: Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, gula pasir, dan garam hingga lembut.
3. Panaskan minyak, campur semua bahan sambal yang telah dihaluskan dengan tempoyak durian, santan, serai, dan lengkuas.
4. Masak sambal hingga mendidih dan kental. Angkat dan tuan sambal ke wadah, sajikan.
Nah Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang ini paling enak disajikan bersama nasi hangat. Dan aagr rasanya makin enak, anda bisa menambahkan daging sapi atau udang ke dalam bahan sambal. Bagaimana? Tertarik mencoba?

==================================================================================
Jangan lupa untuk like resep kali ini dan like Facebook Fanspage kami serta Follow twitter kami yaa! (っ^▿^)っ




Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang | saya lia | 5
loading...

Terimakasih telah berkunjung di Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan Total time: 1 hour 30 min

saya lia

loading...

0 komentar:

Posting Komentar