Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, Dan Enak

Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, Dan Enak - Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.(sumber: wikipedia)


Sejarah Asal Usul Mula Donat


Donat hingga kini banyak yang memperdebatkan siapa yang menciptakan pertama kua yang berbentuk cincin ini. Faktanya, menurut National Dunking Association of Amerika (NDAA), yang menemukan kue donat ini adalah Hanson Crocket Gregory. Tetapi pihak suku Indian juga mengklaim bahwa mereka juga yang menciptakan kue donat ini.

Namun yang tetap terkenal akan kisah mulanya donat adala Hanson Gregory sendiri. Ada dua sumber cerita mengenai Hanson Gregory yang menciptakan kue donat ini.
  • Cerita pertama: Hanson Gregory tidak sengaja menusukkan kue ke roda kemudi kapal.
    Hanson Gregory merupakan seorang kapten kapal yang berasal dari Denmark. Karena seringkali kapalnya menghadapi badai, maka ia mengambil alih nahkoda kapalnya tersebut. Kue gorengan yang akan dimakannya ditusukan ke roda kemudi kapal sehingga tengah kuenya menjadi bolong.

  • Cerita kedua: Hanson Gregory mencungkil tengah kue yang belum matang saat berusia 15 tahun.
    Hanson Gregory saat itu adalah seorang remaja laki-laki yang berumur 15 tahun yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Ibunya seringkali membuatkan kue untuknya. Namun ketika ia melihat bagian tengah kue yang belum matang, hanson mencungkil bagian tengah kue sendiri dengan pisau sehingga mencipatak sebuah lubang di tengahnya. Dengan melubangi bagian tengahnya, maka bagian tengah kue tersebut akan menjadi matang seperti bagian sisi kue yang lain. Kebiasaan ini pun berlanjut hingga ia dewasa yang menjadi seorang nahkoda kapal. Akhirnya kue buatannya pun menyebar ke seluruh dunia.

Dengan demikian, cerita itulah yang menjadi donat terkenal hingga masa kini. Sekarang pun donat terkenal tidak hanya terkenal dengan bentuknya yang seperti cincin saja lho. Ada yang berbentuk bulat namun isinya ada yang diisi dengan coklat leleh, atau dengan selai buah tergantung variasi yang dikembangkannya.


Topping Untuk Donat Kentang Sederhana


Walaupun resep donat kentang yang dibahas pada resepkuekeringku.com kali ini adalah resep donat kentang sederhana, bukan berarti toping diatas donat hanya dapat menggunakan gula tepung saja. Anda dapat mengganti bahan toping menjadi lebih menarik dan lebih enak. Salah satu contohnya adalah menggunakan topping coklat, mentega yang ditaburi keju, strawberry, susu, blueberry, dan lain sebagainya. Kalau suami saya lebih aneh sich, dia malah makan donat kentang tanpa toping dan dicocol saus sambal. Kedengarannya aneh kan? Tapi secara mengejutkan rasanya ternyata nyambung lho!


Alat Untuk Membuat Donat Kentang


Donat kentang ini sebenarnya sangat sederhana dalam membuatnya, namun untuk membuat adonannya menjadi kalis, saya merasa cukup kesulitan (tepatnya kecapekan hehehe). Ada baiknya Anda yang akan membuat donat kentang dirumah menggunakan beberapa alat yang direkomendasikan dari saya agar memasak menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan tidak capek.


1. Peeler / Alat Pengupas Buah

Untuk mengupas kulit kentang, ada baiknya Anda menggunakan alat yang namanya peeler atau pengupas buah. Karena jika menggunakan pisau (seperti saya) dalam mengupas kulit kentang, maka pekerjaan akan lebih lama dan tidak praktis. Selain itu menggunakan pisau malah membuat daging kentangnya ikut terbuang. Berbeda jika sedari awal saya menggunakan peeler atau alat pengupas buah. Pekerjaan akan lebih cepat, mudah, dan ringan. Anda dapat membeli peeler / alat pengupas buah ini di toko swalayan, toko perabotan, atau beli online juga bisa. Harga mulai dari Rp. 3.500 - Rp. 90.000 . Tergantung bahan pembuatannya. Stainless akan lebih mahal pastinya.


2. Panci / Wajan Wok Granite Yang Ada Penutupnya

Untuk merebus kentang, sebaiknya gunakan panci / wajan wok berbahan dasar granite yang ada penutupnya. Panci / wajan wok dapat digunakan untuk merebus maupun menggoreng lho jadi gak perlu beli panci sekaligus penggorengan, cukup 1 saja. Penutup supaya lebih cepat matang. Dan penggunaan lapisan berbahan granite supaya bahan yang dimasak tidak lengket, cepat matang, dan gampang dibersihkan. Pada video ini saya agak menyesal menggunakan panci / wajan wok berbahan teflon! Karena selain lengket, lapisan teflon mudah sekali terkelupas berbeda dengan granite. Di video masak lainnya saya akan menggunakan bahan granite saja, kapok dengan teflon. Rusak semua alat masak berbahan teflon punya saya mulai dari panci/wok, fry pan, dan sauce pan (maaf curhat sedikit hehee). Harga di kisaran Rp. 350.000 - Rp. 500.000 untuk kulitas standard tapi oke punya seperti bolde atau maxim. Sedangkan untuk kualitas maximal biasanya dibanderol dengan harga Rp. 1.000.000 - Rp. 2.000.0000 seperti merk dabeline atau tupperware (iya bener tupperware juga jual panci lho!).


3. Gelas Takar Air

Seringkali di resep-resep menggunakan takaran mililiter, cup, dan lainnya. Pada resep donat kentang empuk dan sederhana ini pun, saya menuliskan resep menggunakan takaran. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli gelas takar air supaya sesuai dengan resepnya. harga kisaran Rp. 8.500 - Rp. 35.000


4. Potato Masher

Untuk mempermudah menumbuh kentang, gunakan alat bernama potato masher. Di resep donat kentang empuk dan lembut ini saya menggunakan potato masher berbahan stainless dapat dari mertua hehehe. Alat ini kalau dibeli di toko atau online dihargai dari Rp. 30.000 - Rp. 100.000. Jika Anda tidak mau beli potato masher, bisa juga kok pake ulekan dilapisin plastik. Nenek saya dulu sering menumbuk kentang dengan cara seperti itu.


5. Pencetak Donat

Untuk mencetak donat bulat-bulat ada 2 cara. Dibulatkan dahulu kemudian ditekan tengahnya atau menggunakan cetakan donat seperti yang saya lakukan. Cetakan donat ini saya beli di tukang perabotan pinggir jalan. Seingat saya harganya Rp. 3.500 / Pcs.


6. Saringan Stainless Steel

Saringan Stainless Steel saya pakai gar tepung gula tidak menggumpal ketika ditabur diatas donat kentangnya. Harga sekitar Rp. 12.000-an lah kira-kira.


7. Stand Mixer Roti

Saya sangat merekomendasikan membeli alat ini kalau tidak mau capek nguleni adonan sampai jadi kalis. Capek lho 15 menit untuk donat kentang yang gak begitu banyak. Bagaimana kalau membuat donat kentang untuk porsi lebih banyak? Gempor daah. Kalau memang ada budget lebih, beli stand Mixer Roti yang harganya Rp. 2.000.000 Ke atas. Kalau harga Rp. 2.000.000 ke bawah biasanya cepat rusak terus berasap ketika sedang dipakai. kalau Anda menggunakan mixer untuk membuat adonan donat kentang, maka cukup masukin bahan-bahan ke mixer dan biarkan aja mixer yang mengaduk sampai 15 - 30 Menit. Setelah kalis tinggal ditutup, diamkan 20 - 30 Menit, ngembang dech adonannya tinggal dicetak. Enak gak perlu capek-capek. Perbedaannya percis sama seperti nyuci baju antara pakai tangan atau mesin cuci.


Disclaimer Luvne.com

Penggunaan gambar dan video menggunakan luvne,com dikarenakan website tersebut adalah milik saya juga. Itu merupakan website bahasa iggris milik saya. Jika ingin menggunakan gambar atau resep dari halaman ini mohon berikan link balik ke https://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html selaku sumber gambar atau pun resep donat kentang.



yield: 18 servings  Author:   Tanggal:   Category: Kue Kering
Cuisine: Indonesia  Tags: Halal   Rated 4.7/5 based on 11 Viewers









Resep Donat Kentang Empuk, Lembut, dan Enak

Resep donat kentang empuk dan lembut dilapisi dengan taburan gula tepung diatasnya.

Prep Time:
prep time: 60 MINS10Mcook time: total time: 1 Jam 10 Menit

Bahan-Bahan Membuat Donat Kentang:

  • 100 gram kentang (kurang lebih 4 buah ukuran sedang) , Potong-potong kecil
  • 1000 mL Air (Untuk merebus Kentang)
  • 397 Gram atau 1 3/4 Cup Tepung Cakra Kembar
  • 2 Sdm Gula Pasir
  • 2 Sdm Susu Bubuk
  • 1/4 Sdm Ragi Instan (saya menggunakan Fermipan)
  • 1 Sdm Blue Band
  • 1 Kuning Telur
  • 1/4 Sdm Baking Powder
  • 80 mL Air (Untuk membuat adonan donat)
  • Tepung gula secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang:

  1. Kupas Kentang dan Potong-potong menjadi ukuran kecil.

  2. Didihkan 1000mL air untuk merebus kentang yang telah dipotong kecil-kecil sebelumnya.

  3. Setelah mendidih rebus kentang sampai empuk.

  4. Setelah kentang empuk, angkat, dan tiriskan.

  5. Siapkan mangkuk, kemudian tumbuk kentang sampai halus dan diamkan hingga dingin. Untuk menumbuk Saya menggunakan potato masher.


  6. Siapkan Tepung Cakra Kembar sebanyak 397 Gram atau 1 3/4 Cup.

  7. Masukan Tepung kedalam mangkuk, kemudian tambahkan 2 Sdm Gula Pasir, 2 Sdm Susu Bubuk, 1/4 Sdm Ragi Instan (saya menggunakan Fermipan), 1 Sdm Blue Band, 1 Kuning Telur. Kemudian aduk rata semuanya

  8. Tambahkan Kentang yang sudah dihaluskan, kemudian uleni adonan.

  9. Tambahkan 80mL air bersih sembari menguleni adonan. Ingat! Jangan terlalu banyak airnya kalau tidak nanti adonannya tidak kalis. Saya uleni adonannya menggunakan tangan, jika punya mesin pengaduk adonan roti, lebih baik gunakan itu saja agar tidak capek.

  10. Uleni terus kira-kira 15 menit. Adonan akan menjadi kalis. Lihat di gambar dibawah:

  11. Tutup adonan yang sudah kalis menggunakan kain sampai 30 menit agar adonan mengembang sempurna.

  12. Setelah 30 menit adonan mengembang dengan sempurna. Lihat Gambar Berikut ini:

  13. Siapkan tempat untuk mencetak adonan donat kemudian taburi tepung terigu agar tidak lengket. Ambil sebagian kecil adonan, pipihkan, kemudian bentuk bulat-bulat (saya menggunakan cetakan donat supaya mudah). Lakukan hingga adonan habis.





  14. Deep fried adonan tersebut (Goreng dengan minyak banyak). Bolak balikan hingga kedua sisinya kuning keemasan kemudian tiriskan. Gunakan api kecil / sedang.


  15. Taruh donat yang telah matang di piring agar dapat ditaburi tepung gula.

  16. Taburi dengan tepung gula. Gunakan saringan berukuran kecil agar tepung gula menjadi sangat halus, tidak besar-besar, dan menggumpal

  17. Sajikan selagi hangat


Video:Resep Donat Kentang Empuk





Nutrition facts Donat Kentang:

154 calories,
3 grams fat,
3 grams fat,
3 grams fat,
1 Donat

Tips Memasak Donat Kentang Empuk

  1. Gunakan sumpit untuk membuat gerakan memutar pada lubang donat saat donat sudah mulai digoreng dan merekah
  2. Setelah salah satunya sudah mulai berubah warna kecoklatan, segera balikkan donat dan teruskan menggoreng hingga sisi yang lain berubah kecoklatan.
  3. Ketika menggoreng donat di usahakan menggunakan api kecil agar donat tidak cepat gosong.
  4. Uleni adonan donat hingga benar-benar menjadi kalis(tidak lengket ditangan), jika masih lengket bisa ditambahkan tepung terigu.
  5. Harus selalu diingat kalau ragi dan atau mentega gak boleh ketemu garam, karena akan mengakibatkan ragi menjadi mati dan tidak bisa mengembangkan adonan.
  6. Kentang benar-benar harus ditumbuk sampai halus agar adonan donat cepat menjadi licin.
  7. Kentang halus baru boleh dimasukkan ke adonan setelah kentang benar-benar sudah dingin. Apabila kentang dalam keadaan masih panas dan dimasukkan adonan, bisa mengakibatkan ragi mati dan tidak berfungsi.
  8. Jika ingin rasa lebih manis bisa dilebihkan gulanya.
  9. Jika ingin rasa lebih gurih bisa ditambahkan susu bubuk dan menteganya.
  10. Jika ingin rasa agak asin bisa ditambahkan garam. Saya tidak menggunakan garam karena blueband adalah mentega yang diasinkan.







Hello, saya cinta. Saya seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak. Disini saya share resep-resep masakan dengan foto dan video yang sudah tested. Follow juga fanspage resepkuekeringku.com dibawah ini:.


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite