Resep Thai Tea Original Enak (Number One / Chatramue Brand)

Resep Thai Tea Original Enak (Number One / Chatramue Brand) - Halo semuanya ! Apa yang terpikirkan oleh kalian jika musim panas datang? Yep, minuman dingin dan segar. Minuman memang paling enak di konsumsi saat panas terik membakar kita. Nah, berbicara mengenai minuman, minuman yang sedang booming saat ini adalah Thai tea. Minuman ini bisa disajikan saat hangat dan dingin. Tetapi saya pribadi, paling suka disajikan dalam keadaan dingin. Rasanya bikin ketagihan dan tidak bisa berhenti untuk meminum thai tea-nya.

Minuman thai tea bisa kamu jumpai di Mall terdekat kamu, dengan brand ambassador Dum Dum Thai Tea. Harganya cukup pas di kantong kamu (Sekitar 20 ribu rupiah). Karenanya, tidak heran banyak orang yang rela mengantri demi mendapatkan satu gelas minuman thai tea ini. Rasanya sangat enak dan segar serta ramah di kantong. Karena saya sangat menyukai thai tea ini, saya berpikir “bagaimana kalau saya membuatnya sendiri?”. Selain lebih hemat, kamu bisa menikmatinya berulang-ulang kapanpun kamu mau :D
Baca Juga : Resep Bolu Kukus Coklat



Sejarah Singkat Minuman Thai Tea


Biasanya minuman teh masuk ke negara-negara yang ada di Asia tenggara melalui orang eropa. Seperti yang kita tahu Thailand tidak pernah dikuasai (dijajah) oleh bangsa eropa sehingga dari sudut pandang sejarah, Thailand tidak pernah menjadi negara peminum teh. Meskipun begitu, Thai tea sudah sejak lama menjadi minuman favorit warganya.

Sejarah singkat thai tea ini dimulai dari pasukan nasionalis Chiang-Kai Shek di Yunnan yang terpisah dengan pasukan utamanya di tahun 1949. Mereka dipaksa keluar dari Burma menuju Thailand Utara. Untuk berasimilasi secara kultur dan ekonomi dengan masyarakat thailand, mereka melakukan penanaman teh di daerah Thailand Utara. Di tahun 1980 melalui edukasi yang ditawarkan pemerintah, tanaman teh pertama di impor dari negara China dan Taiwan untuk ditanam di dataran tinggi Chiang Mai. Hari ini, kawasan di Thailand Utara tersebut berubah menjadi lumbung utama untuk menghasilkan teh terbaik dari Thailad.

Rasa Thai Tea Original


Teh yang digunakan dalam pembuatan thai tea adalah teh hitam yang memiliki aroma tajam. Tidak hanya melalui seduhan teh begitu saja, Thai tea biasanya dilengkapi dengan rempah seperti kembang lawang sehingga rasanya akan berbeda. Kemudian untuk menambah rasa manis pada minuman thai tea original, ditambahkan evaporated milk, dan condensated milk (susu kental manis). Ketika dicampurkan semuanya dan ditambahkan dengan es dingin maka perpaduannya akan menghasilkan minuman teh segar yang manis dan creamy, cocok sekali untuk kalian yang sedang kepanasan di siang hari.

Teh Hitam Yang Digunakan Untuk Membuat Thai Tea


Memang ada banyak vendors teh hitam untuk membuat thai tea, namun disini saya menggunakan teh impor langsung dari Thailand bernama Cha Tra Mue Brand atau dikenal dengan Number One Brand. Saya menggunakan ini karena mencontoh brand minuman Thai Tea yang dijual di mall bernama Dum Dum Thai Tea. Mereka menggunakan teh hitam ini untuk membuatnya. Selain itu, para penjual thai tea di Thailand memang menggunakan brand ini kok.

Kamu bisa mendapatkannya di Superindo, Giant, atau Carrefour. Kalau di Indomaret / Alfamart, saya belum pernah menemukannya. Pilih yang bungkusnya berwarna merah terang, bukan yang hijau ya, Seperti di gambar.

Perbedaan Teh Tarik, Teh susu, dan Thai Tea


Walaupun sama-sama minuman teh yang diberi susu, terdapat beberapa perbedaan dari sisi rasa, bahan, maupun cara pembuatannya lho. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Teh Tarik

Bahan dasar untuk membuat teh tarik adalah teh dan susu, jadi bisa dibilang sama dengan teh susu. Akan tetapi teh tarik memiliki perbedaan dalam pembuatannya yang unik yaitu teh di tuang dari satu gelas ke gelas yang lain sehingga terlihat teh seolah-olah ditarik. Rasanya cenderung manis, sedikit pahit namun legit. (sumber gambar: pinterest.com)

2. Teh Susu

Berbahan dasar sama dengan teh tarik, yaitu teh dan susu. Akan tetapi cara membuatnya hanya diaduk saja dalam satu wadah. Untuk rasa biasanya cenderung manis. Saat penyajian dapat ditambahkan campuran topping bubble atau agar-agar.(sumber gambar: pinterest.com)

3. Thai Tea

Tidak jauh beda bahannya adalah teh dan susu, namun yang membedakannya adalah bahan teh nya khusus menggunakan teh hitam impor dari Thailand. Selain itu, thai tea dicampur rempah seperti kembang lawang. Untuk susunya menggunakan susu kental manis, susu evaporasi, dan krimer. Penambahan es batu dalam jumlah banyak membuat rasa thai tea ini segar, manis, dan legit disaat bersamaan. (sumber gambar: video buatan saya)

Kenapa Warna Thai Tea Original Itu Orange?


Penasaran kan kenapa warna thai tea original itu orange? Saya juga penasaran sich. Saya mendapatkan informasi dari youtubers yang tinggal di thailand, ia mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan thai tea pada cha tra mue brand mengandung pewarna makanan berwarna kuning. Jadi ketika kamu menggunakan teh hitam dari brand lain untuk membuat thai tea maka warnanya tidak menjadi orange, akan tetapi untuk rasa fine-fine saja. Namun, kalau bukan orange warnanya berarti bukan thai tea.

Alat Untuk Membuat Thai Tea


Saringan Bahan Kain / Stainless Steel


Ini wajib banget punya supaya saat menuangkan teh kedalam cangkir, ampas-ampas teh tubruknya tidak masuk ke dalam cangkir. Nanti malah jadi tambah pahit.

Teko / Panci Untuk Memasak Air


Kalau di mall biasanya untuk menyeduh teh menggunakan teko stainless steel biar lebih keren kelihatannya. Kalau di rumah seperti saya sich, pake panci aja jadi tidak sulit membersihkannya setelah selesai seduh thai tea-nya.

Tempat Membuat Es Batu


Untuk membuat thai tea dibutuhkan es batu yang sangat-sangat banyak. Karena kalau diminum saat panas, rasanya menurut saya agak aneh (gak pas dengan selera sata). Rasa dari teh dan manisnya sangat kuat. Akan tetapi, ketika dicampurkan es batu banyak-banyak (sampai penuh gelasnya), rasanya berubah jadi enak, creamy, dan segar.

Oleh karena itu sebelum menuangkan thai tea ke gelas, sebaiknya tuang terlebih dahulu es batu yang banyak kedalam gelas, kemudian tuangkan thai tea-nya.

Disclaimer Gambar dan Luvne.com


Untuk gambar resep thai tea original diambil oleh saya sendiri selaku pemilik website resepkuekeringku.com, jadi jika ada yang mengambil gambar maupun resep ini harap berikan link balik ke https://www.resepkuekeringku.com/2017/08/resep-thai-tea-enak-number-one-chatramue-brand.html

Perlu diketahui bahwa luvne.com merupakan SALAH SATU WEBSITE SAYA yang menggunakan bahasa inggris. Tadinya mau saya publish di luvne.com doang tapi karena konten resepkuekeringku.com adalah resep maka saya putuskan untuk mempublikasikannya di sini juga. Resep thai tea original ini sudah teruji.


yield: 1 servings  Author:   Tanggal:   Category: Minuman
Cuisine: Thailand  Tags: Halal   Rated 4.8/5 based on 15 Viewers









Resep Thai Tea Original Enak (Number One / Chatramue Brand)

Resep Thai tea original menggunakan daun teh asli Thailand. Rasanya segar, manis, dan legit! Cocok sekali untuk kamu yang butuh penyegaran di siang hari yang panas.

Prep Time:
prep time: 5 MINS3Mcook time: total time: 08 Menit


Bahan-Bahan Membuat Thai Tea Original:

  • 500 ml air putih
  • 1 sdm gula pasir
  • 4 sdm krimer bubuk (Saya menggunakan krimer merk max Creamer)
  • 4 sdm krimer cair (Saya menggunakan nestle carnation)
  • 1 sdm thai tea (Saya menggunakan merk number one / chatramue, dapat dilihat di video)
  • 1 pcs kembang lawang
  • Susu evaporasi secukupnya (Saya menggunakan merk F&N)
  • Es batu Yang banyak sampai 1 cangkir penuh

Cara Membuat Thai Tea Original:

  1. Siapkan 500 ml air putih dan tuang ke dalam panic. Rebus hingga air mendidih



  2. Sembari menunggu air mendidih, siapkan 1 sdm gula, 4 sdm krimer bubuk, 4 sdm krimer cair nestle carnation ke dalam gelas saji.






  3. Ketika air sudah mendidih, beri 1 sdm thai tea dan 1 pcs kembang lawang. Rebus selama 1 menit. (Kembang lawang ini banyak manfaatnya lho. Kamu bisa membaca manfaatnya setelah resep ini)

  4. Setelah 1 menit, matikan kompor. Kemudian angkat dan tuangkan thai tea ke dalam gelas saji sambil disaring.

  5. Aduk rata terlebih dahulu.

  6. Masukan es batu secukupnya. Atau bisa dibalik seperti para penjual thai tea dengan menuangkan es ke dalam gelas terlebih dahulu sampai penuh baru diberikan thai tea panas yang sudah bercampur dengan gula, krimer cair, dan krimer bubuk

  7. Tambahkan susu evaporasi secukupnya kedalam thai tea (ini selera aja sich)

  8. Thai tea original siap disajikan. Makan bareng donat kentang empuk juga enak! Cek resep di => resep donat kentang empuk tanpa mixer



Video:Resep Thai Tea Original





Nutrition facts Donat Kentang:

89 calories,
2g fat,
18g carbs,
2g protein,
1 thai tea original

Tips Membuat Thai Tea Original

  1. Jika tidak suka rasa kembang lawang, tidak perlu digunakan
  2. Teh hitam Thailand-nya jangan terlalu banyak karena hasilnya akan menjadi pahit.
  3. Jika terlalu manis bisa dikurangi gula, krimer bubuk, dan krimer cairnya.
  4. Lebih enak thai tea original disajikan dengan menuangkan es ke dalam gelas terlebih dahulu sampai penuh kemudian diberikan thai tea panas yang sudah bercampur dengan gula, krimer cair, dan krimer bubuk.



Manfaat Kembang Lawang untuk kesehatan

Masih banyak orang di sekitar kita yang tak tahu manfaat yang didapat dari kembang lawang ini. Kembang lawang ini termasuk satu dari lima rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan “ngo hiong”. Aromanya sangat harum dan manis. Yuk, kenali lebih dekat kembang lawang yang bentuknya seperti bintang ini.

1. Mengobati influenza
Apakah kamu tahu bahwa minyak yang terdapat dari bunga kembang lawang ini bersifat anti jamur, anti mikroba, dan anti septik. Senyawa yang ada di dalam kembang lawang ini disebut shikimic asam, sangat berguna untuk melawan virus influenza. Tak hanya itu, sifat – sifatnya juga sangat bermanfaat untuk mengatasi demam
Baca Juga : Resep Sambal Goreng Merah

2. Menghilangkan bau mulut
Mulut kamu mengalami bau tak sedap? Cukup mencampurkan air minum kamu dengan kembang lawang ini, maka bau tak sedap pun bukan masalah lagi untuk kamu.

3. Mengatasi perut kembung dan sembelit
Tahukah kamu kembang lawang dapat bertindak sebagai stimulan pencernaan. Banyak orang China menggunakan rempah ini untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung dan sembelit. Caranya cukup mudah, seduhi kembang lawang ini dengan air hangat dan minum setiap pagi hari.



Hello, saya cinta. Saya seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak. Disini saya share resep-resep masakan dengan foto dan video yang sudah tested. Follow juga fanspage resepkuekeringku.com dibawah ini:.


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite