Fungsi Asuransi dan Contoh Keputusan Dalam Mengambil Asuransi

Sekarang ini masyarakat agaknya masih kurang edukasi mengenai pentingnya asuransi. Seringkali asuransi dipandang sebelah mata, biasanya dikarenakan sesuatu yang belum pasti terjadi kedepannya. Padahal tidak begitu juga sich. Sebenarnya asuransi itu penting kok, hanya saja seringkali masyarakat menggunakan jasa polis asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Sebelum masuk ke contoh yang salah mengenai pengambilan polis asuransi, sebaiknya Anda mengenal apa itu asuransi terlebih dahulu.

Apa itu Asuransi


Asurasi adalah suatu bentuk perjanjian yang dilakukan oleh nasabah sebagai pihak tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai pihak penganggung. Perjanjian tersebut berisi pernyataan bahwa perusahaan asuransi sebagai pihak penganggung bersedia membayar sejumlah kerugian tertentu sesuai dengan perjanjian di awal jika terjadi sesuatu hal di masa depan setelah nasabah menyetujui pembayaran atas sejumah uang atau sering disebut dengan premi asuransi.

Asuransi sendiri sekarang ada 2 yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah.


Contoh Keputusan Salah Dalam Pengambilan Polis Asuransi



Salah satu contohnya adalah begini. Seorang pekerja kantoran yang pulang pergi ke kantor dengan jarak 500m dari rumahnya, menggunakan jasa asuransi jiwa. Menurut admin, hal seperti ini sangat tidak pas. Kenapa? Asuransi jiwa seharusnya digunakan oleh orang yang memiliki banyak ancaman dalam kehidupan kesehariannya, jadi yang seharusnya menggunakan adalah orang yang bekerja menggunakan kendaraan lebih dari 4 jam dalam sehari. Tentu, kemungkinan kecelakaan di jalan sangat tinggi bukan? Bisa saja rem blong, menghindari kucing yang tiba-tiba ditengah jalan, terjerembap kedalam lubang besar di jalan, dan lain sebagainya. Namun, jika orang tersebut hanya berjarak 500m ke kantor dari tempat tinggalnya, tentu keselamatan jiwanya lebih terjamin dibandingkan dengan orang yang berada di kendaraan minimal 4 jam dalam sehari dengan kecepatan rata-rata diatas 50km / jam untuk mengejar waktu ditengah-tengah kesibukannya.

Kemudian contoh kedua adalah seorang ibu rumah tangga yang menggunakann asuransi kesehatan. Sedangkan di rumah tentu tidak banyak kegiatan yang akan mengganggu kesehatannya secara signifikan. Ini merupakan salah seorang yang salah mengambil polis asuransi kesehatan. Seharusnya yang mengambil polis asuransi kesehatan adalah orang yang memiliki pekerjaan yang membuat kesehatannya sulit diterka. Contohnya, orang yang bekerja di pertambangan yang banyak debu atau seorang direktur yang memiliki jam kerja lebih dari 10 jam sehari untuk mengurus banyak hal setiap harinya. Peluang sakit untuk orang-orang seperti itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ibu rumah tangga.

Nah, agar Anda tidak salah dalam mengambil polis asuransi, yuk baca fungsi lebih lanjut.

Fungsi Asuransi

Berikut ini adalah beberapa fungsi asuransi secara umum yang didapat dari Lifepal :

1. Sebagai Pengalihan Resiko


Familiar gak mengenai ini? Jadi maksudnya disini adalah jika terjadi apa-apa pada tertanggung maka pihak penanggung yaitu perusahaan asuransi akan mengcover-nya sesuai dengan perjanjian.

Perusahaan asuransi akan bertanggung jawab mengeluarkan biaya ganti rugi sesuai dengan jumlah ketidakpastian kerugian yang diderita oleh tertanggung akibat dari kejadian-kejadian tidak terduga. Biasa disebut sebagai santunan klaim karena tertanggung telah membayar premi secara rutin.

2. Sebagai Penghimpun Dana


Maksudnya adalah perusahaan asuransi menghimpun dana dari tertanggung (nasabah) sehingga dapat berkembang. Hal ini bertujuan untuk menutupi biaya kerugian yang diderita oleh nasabah jika suatu saat terjadi kejadian yang tidak terduga.

3. Penyeimbang Premi


Perusahaan asuransi sebagai pihak pennganggung dan penghimpun dana. sehingga perusahaan asuransi memiliki tugas untuk mengatur agar premi yang dibayarkan oleh nasabah sesuai dengan resiko yang nanti akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Dengan fungsi sebagai penyeimbang premi, maka pada akhirnya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan oleh adanya perjanjian tersebut.

4. Bantuan Untuk Perusahaan Bisnis


Asuransi dapat berfungsi untuk mendorong berdirinya suatu usaha. Begini contohnya, seorang investor yang memiliki rencana untuk menanamkan modal pada suatu usaha tentu tentu ada kemungkinan membatalkan penanaman modalnya jika investor mengetahui resiko yang terjadi jika terjadi bencana sewaktu-waktu. Oleh karena itu dari pihak pengusaha tentu ada sebuah rencana penanggulangan untuk mengurangi resiko tersebut agar investor bersedia menanamkan modal bukan? Disinilah pihak asuransi berperan. Dengan adanya asuransi, pihak pengusaha dapat tetap fokus untuk memperluas usahanya, dan menghindari rasa cemas terhadap resiko-resiko yang tidak pasti kedepannya. Investor pun dapat menanamkan modalnya dengan rasa aman karena resiko-resiko yang tidak pasti sudah ditanggung oleh asuransi.



Hello, saya cinta. Saya seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak. Disini saya share resep-resep masakan dengan foto dan video yang sudah tested. Follow juga fanspage resepkuekeringku.com dibawah ini:.


© 2017 Resep Kue Kering-ku - Created by MDCSite